Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesan Anak Buah Luhut Soal Mobil Listrik: Indonesia Punya Kesempatan Besar

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Ayodhia GLbukti nyata Indonesia memiliki kesempatan memiliki peran besar dalam ekosistem kendaraan listrik adalah adanya investor yang sudah membangun pabrik dan menghasilkan produk sepeda motor dan mobil listrik, mulai dari perusahaan lokal maupun global.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 24 November 2021  |  13:35 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjajal mobil listrik Mitsubishi Minicab Mi-EV di GIIAS 2021.  - Biro Pers Media Istana/Lukas
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjajal mobil listrik Mitsubishi Minicab Mi-EV di GIIAS 2021. - Biro Pers Media Istana/Lukas

Bisnis.com, JAKARTA — Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Ayodhia GL Kalake mengatakan Indonesia punya kesempatan untuk mengambil peran dalam industri kendaraan listrik

Transformasi besar dalam industri otomotif ini memiliki celah untuk diisi. "Karena kita belum terlalu ketinggalan di industri ini," ujar Ayodhia dalam opening ceremony Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021).

Ayodhia pun mengatakan IEMS merupakan salah satu upaya Indonesia untuk menstimulasi para pihak yang bersangkutan, khususnya para periset di Indonesia untuk melakukan riset tentang kendaraan listrik.

Ayodhia mengatakan bukti nyata Indonesia memiliki kesempatan memiliki peran besar dalam ekosistem kendaraan listrik adalah adanya investor yang sudah membangun pabrik dan menghasilkan produk sepeda motor dan mobil listrik, mulai dari perusahaan lokal maupun global.

"Perusahaan macam negara sudah menyampaikan minatnya seperti Hyundai yang mengatakan akan mengeluarkan produknya pada Maret 2022," jelas Ayodhia.

Ayodhia pun berharap dengan dihelatnya IEMS 2021 mampu mendorong program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alat transportasi sebagaimana tertuang dalam Perpres 55/2019.

"Acara ini juga sebagai upaya mendorong program KBLBB yang akan jadi solusi menjadi transformasi energi. Diharapkan, nantinya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan," tutup Ayodhia.

Adapun pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka hari ini, Rabu, 24 November 2021. Pameran yang dihelat oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) akan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 24–26 November 2021 di Serpong, Tangerang Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik otomotif Kendaraan Listrik
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top