Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Urutan Ketiga Dunia, 85 Persen Keluarga di Indonesia Punya Motor

Dilansir dari laman World Atlas, Rabu, 14 Agustus 2019, dari banyaknya jumlah sepeda motor di dunia, 58 persen di antaranya berada di Asia Pasifik dan wilayah Asia lain, seperti Asia Selatan dan Timur. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 November 2021  |  16:27 WIB
rnPemudik sepeda motor mulai memadati jalur arteri Pantai Utara Jawa di Karawang, Jawa Barat, Selasa (4/5/2021).  - Antara
rnPemudik sepeda motor mulai memadati jalur arteri Pantai Utara Jawa di Karawang, Jawa Barat, Selasa (4/5/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Meskipun populasi sepeda motor di Indonesia bertambah sekitar 6 juta unit per tahun, faktanya negara ini, bukan negara dengan rasio rumah tangga yang memiliki sepeda motor tertinggi di dunia. Artinya meskipun secara volume, jumlah sepeda motor di Indonesia sangat tinggi, tetapi kepemilikannya tidak rata di semua rumah tangga. 

Adapun umumnya sepeda motor digunakan di negara berkembang karena harganya yang terjangkau. Dilansir dari laman World Atlas, Rabu, 14 Agustus 2019, dari banyaknya jumlah sepeda motor di dunia, 58 persen di antaranya berada di Asia Pasifik dan wilayah Asia lain, seperti Asia Selatan dan Timur. 

Dilihat dari banyak rumah tangga yang memiliki motor, berikut ini 10 negara pengguna motor terbanyak:

1. Thailand

Berjuluk "negeri 100 skuter", Pew Research menemukan 87 persen rumah tangga di Thailand setidaknya memiliki satu sepeda motor. Dengan 18 juta rumah tangga, diperkirakan terdapat 15 juta motor di sini.

2. Vietnam 

Sebanyak 86 persen rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Diperkirakan ada 45 juta sepeda motor di Vietnam.

3. Indonesia 

Sekitar 85 persen rumah tangga di Indonesia memiliki setidaknya sebuah sepeda motor. Menurut survei AISI, jumlah motor di tanah air mencapai 80 juta. 

4. Malaysia 

Sebanyak 83 persen rumah tangga di Malaysia setidaknya memiliki sebuah motor. Sedangkan jumlah sepeda motor di negara ini berkisar 13 juta.

5. Cina

Negeri tirai bambu ini menempati posisi kelima sebagai rumah tangga terbanyak pengguna sepeda motor. Sebanyak 60 persen rumah tangga di Cina memiliki paling tidak sebuah motor.

6. India 

Meski jalanannya dipenuhi dengan suara klakson, tetapi jumlah rumah tangga pemilik motor di India tidak sebanyak di Indonesia. Sebanyak 47 persen rumah tangga di negara ini tercatat memiliki sepeda motor.

7. Pakistan 

Selisih empat persen dengan India, Pakistan menempati urutan berikutnya. Negara ini memiliki 43 persen rumah tangga yang memiliki sepeda motor.

8. Nigeria 

Negeri yang terkenal sebagai pecinta Indomie ini juga masuk dalam jajaran rumah tangga pengguna motor terbanyak. Sebanyak 35 persen rumah tangga di Nigeria memiliki sepeda motor.

9. Filipina 

Filipina berada di urutan berikutnya. Negara ini memiliki 32 persen rumah tangga yang memiliki sepeda motor.

10. Brazil 

Negara di Amerika Latin ini berada di urutan kesepuluh. Brazil memiliki 29 persen rumah tangga yang setidaknya memiliki sebuah sepeda motor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif sepeda motor

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top