Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menerka Peluncuran Produksi Massal dan Harga Honda SUV RS Concept

Secara historis, mobil purwarupa yang diperkenalkan Honda Prospect Motor tidak lama kemudian bakal menjelma menjadi produk massal.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 15 November 2021  |  08:30 WIB
PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar world premiere Honda SUV RS Concept di GIIAS 2021.  - HPM
PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar world premiere Honda SUV RS Concept di GIIAS 2021. - HPM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) mengenalkan Honda SUV RS Concept untuk pertama kalinya di dunia (world premiere) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 sebagai mobil konsep atau purwarupa. Artinya, mobil tersebut belum memiliki nama resmi produksi massal, apalagi harga.

Kehadiran SUV RS Concept ini semakin menegaskan betapa seksinya masa depan pasar compact SUV. Tercatat saat ini ada empat pemain di segmen tersebut, yaitu Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet. 

Honda belum memberikan informasi resmi mengenai spesifikasi mesin yang akan digunakan dan juga kapan rencana produksi massal mobil tersebut. Akan tetapi besar kemungkinan SUV RS menjadi produk massal tidak akan lama lagi, karena tentu HPM tidak ingin kehilangan momentum naik daunnya pasar compact SUV. 

Pun secara historis, mobil purwarupa yang diperkenalkan HPM tidak lama kemudian menjelma menjadi produk massal. Sebut saja All New Honda BR-V yang diluncurkan pada 21 September 2021. Sekitar empat bulan sebelumnya, atau 3 Mei 2021, All New Honda BR-V masih berbentuk mobil konsep yang memiliki nama N7X. 


Honda SUV RS Concept memiliki garis desain yang tegas. /HPM

Strategi serupa juga HPM gunakan pada Honda Brio. Pada April 2018, HPM membawa Honda Small RS Concept di GIIAS. Sekitar 5 bulan kemudian, All New Honda Brio dikenalkan di pasar Indonesia.

Berkaca pada hal tersebut, ada kemungkinan Honda SUV RS Concept akan masuk pasar pada kuartal II/2022. 

Perkiraan Harga dan Spesifikasi Honda SUV RS Concept

Honda SUV RS Concept dikembangkan di Thailand, di mana Honda R&D Asia Pacific dan Honda R&D Indonesia berkolaborasi dalam prosesnya. Setelah menggelar world premiere di Indonesia, mobil ini kemudian akan keliling ke beberapa kota untuk mendapatkan masukan dari konsumen di berbagai wilayah. 


Honda SUV RS Concept menggunakan konfigurasi lampu belakang segaris yang menyatu dengan emblem Honda. /Bisnis-Khadijah Shahnaz

Belum ada bocoran informasi mengenai tipe mesin yang akan digunakan SUV RS Concept. Akan tetapi mengingat mobil ini akan berperang melawan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet, beberapa sumber menyebutkan ada tiga opsi mesin yang akan digunakan, yakni 1.000 cc turbo, 1.300 cc naturally aspirated, serta 1.500 cc naturally aspirated.

Melihat perkiraan spesifikasi mesin dan SUV RS Concept, maka harga yang dipatok HPM kemungkinan tidak akan jauh dari calon rivalnya. Saat ini, per November 2021, Toyota Raize dibanderol Rp214,3 juta hingga RpRp278,8 juta, Daihatsu Rocky Rp180,7 juta hingga Rp237,9 juta, Nissan Magnite Rp222,3 juta hingga Rp253,9 juta, Kia Sonet Rp201,6 juta hingga Rp299,9 juta. Adapun Raize dan Rocky masih menikmati insentif bebas pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) hingga 31 Desember 2021, sedangkan Magnite dan Sonet tidak. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

honda prospect motor GIIAS 2021 Compact SUV
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top