Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Momentum GIIAS, Harapan Industri Otomotif Tingkatkan Kinerja Akhir Tahun

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi momentum industri otomotif memacu penjualan atau mengenalkan produk kendaraan andalan.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  11:05 WIB
GIIAS.  - GIIAS
GIIAS. - GIIAS

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan otomotif terbesar nasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 akan kembali digelar beberapa pekan ke depan.

Banyak pelaku industri otomotif menggantung harapan yang tinggi pada pameran inovasi otomotif ini. Kendati demikian, tetap saja ada tantangan yang menjadi pertimbangan pelaku usaha untuk menetapkan target optimismenya tahun ini.

Adapun, penjualan mobil bulanan Agustus tercatat 75.822 unit, sudah lebih tinggi dari Juli yang tercatat 64.028 unit. Secara total, penjualan mobil sepanjang 2021 mencapai 527.694 unit.

Gaikindo tahun ini menargetkan penjualan ritel mampu menembus 750.000 unit. Artinya, penjualan mobil setiap bulannya hingga akhir tutup tahun harus mencapai lebih dari 55.000 unit per bulan.

Ketua I GAIKINDO Jongkie D Sugiarto mengatakan animo masyarakat untuk perhelatan pameran mobil ini masih sangat tinggi. Bahkan, sudah menunggu ajang ini karena telah ditunda lebih dari 2 kali.

Hanya saja, dia menyampaikan pihaknya masih sangat mempertimbangkan protokol kesehatan. Gaikindo berharap GIIAS tidak menjadi klaster Covid-19 baru yang justru membuat pengetatan mobilitas kembali terjadi.

"Animo pasti besar, masyarakat juga sudah bosan di rumah terus. Namun, kami masih harus patuh menjalankan Protokol kesehatan. GIIAS jangan jadi cluster baru, penyebaran Covid-19," katanya.

Dia menyampaikan GIIAS juga akan mendapat dorongan insentif fiskal PPnBM 100 persen sampai akhir tahun. "Namun, apakah bisa menjadi salah satu penompang pertumbuhan penjualan ? Kita masih harus menunggu," sebutnya.

Persiapan GIIAS 2021 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Banten. - Gaikindo.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsjah menuturkan sebanyak 24 Merek kendaraan, termasuk kendaraan penumpang dan kendaraan komersial akan hadir pada GIIAS 2021 ini.

"Dan ini pun masih dilengkapi dengan peserta-peserta dari industri pendukung otomotif yang juga akan tampil” ungkapnya.

Puluhan merek termasuk jajaran kendaraan penumpang; Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania akan mengisi area pamer Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Kab. Tangerang.

Menurut Rizwan, para Agen Pemegang Merek (APM) peserta GIIAS 2021 dipastikan akan tampil maksimal, menghadirkan yang terbaru dan terbaik pada penyelenggaraan GIIAS 2021.

“Setelah menjalani lebih dari 1,5 tahun tanpa GIIAS, para peserta telah menyampaikan antusiasme dan rencana mereka jelang November ini, dan yang pasti akan ada banyak perkenalan produk baru dari para peserta, selain itu mobil-mobil listrik juga akan menjadi salah satu highlight di GIIAS nanti,” kata Rizwan.

Ia mengungkapkan bahwa mobil-mobil dengan teknologi terbaru dan juga kendaraan listrik, akan hadir dan dipresentasikan langsung oleh para peserta, serta dapat dicoba langsung oleh para pengunjung pada area test drive sepanjang berlangsungnya GIIAS 2021.

Marketing Director dan Corporate Planning Communication Director ADM Amelia Tjandra menyampaikan Daihatsu tidak pernah mentargetkan penjualan, karena pameran GIIAS adalah sebagai ajang untuk memperkenalkan perkembangan teknologi terbaru atau pun model baru, bukan untuk ajang jualan.

Namun demikian, pada booth perseroan tentunya tetap akan memberikan layanan penjualan, jika saja ada pengunjung yang ingin melakukan pembelian di booth.

Menurutnya, animo masyarakat untuk menyaksikan pameran GIIAS tahun ini akan sangat tinggi, karena tahun lalu pameran ini tidak dapat dilaksanakan sehingga ada kerinduan dari masyarakat.

"Namun disisi lain, tetap masih ada kekhawatiran terhadap penyebaran covid, sekalipun saat ini situasinya sdh membaik. Untuk itu calon pengunjung sepertinya masih akan wait and see bagaimana situasi dan kondisi pandemi di waktu periode pameran," katanya.

Adapun, Daihatsu sebelumnya menerima gelar booth terfavorit pada ajang sebelumnya. Perseroan diperkirakan akan memamerkan model terbaru dari Xenia pada GIIAS kali ini untuk menarik lebih banyak pengunjung sekaligus mendongkrak angka penjualan.

Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam.

Dihubungi terpisah, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi menyampaikan perseroan tidak memiliki target penjualan spesifik untuk acara GIIAS.

"Namun, tentunya harapan kami sangat besar. Animo masyarkat tetap bagus walau tentu nantinya akan ada prokes," sebutnya.

Adapun, angka penjualan Toyota pada GIIAS 2019 mencapai 6.128 unit. Angka ini sedikit lebih tinggi dari pencapaian GIIAS 2018 6.022 unit.

Pada pameran tahun ini, Toyota dikabarkan akan meluncurkan Avanza model barunya. Terlebih, model ini belum mendapat pembaruan sejak 10 tahun lalu.

"Kalau untuk produk baru di GIIAS, saya belum bisa komentar," imbuhnya.

Belum lama ini, Product Management, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto justru mengatakan perseroan tidak akan ikut serta dalam GIIAS 2021.

Perseroan cukup kesulitan mengatur peluncuran mobil dengan jadwal GIIAS yang telah diundur dua kali. Terlebih, perseroan pun masih merasa perlu menjaga kesehatan pelanggan Mercedes-Benz dalam mengikuti ajang pameran dengan tingkat kunjungan fisik yang tinggi.

"Bukan apa-apa. Kami lebih karena timing acaranya. Kami tetap menganggap GIIAS adalah ajang paling baik. Kami tetap yakin GIIAS tetap sukses karena banyak pelanggan yang menunggu," sebutnya, Sabtu (9/10/2021).

Sebagai gantinya, Kariyanto menyampaikan perseroan mengadakan acara yang lebih tersegmentasi untuk pelanggan dan komunitas setia Mercedes.

"Di bulan Juni kami ada Star Expo, kami juga Ada AMG Track Day hari ini, selanjutnya kami juga akan mengadakan Star Expo lainnya di akhir tahun 2021," sebutnya.

Terkait peluncuran mobil, Kariyanto memastikan perseroan akan menepati janjinya untuk membawa 10 model Mercedes-Benz terbaru pada tahun ini.

Sepanjang tahun pendemi ini perseroan telah berhasil memboyong 7 mobil baru termasuk New Mercedes-AMG A 35 4MATIC Sedan dan GLA 35 4MATIC.

"Masih ada 3 lagi. Mercedes New Sprinter, ada E Class yang CKD, dan juga S Class 50 yang CKD," sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif kendaraan giias GIIAS 2021
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top