Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Mobil Baru Akhir 2021, dari Toyota Avanza hingga Suzuki Vitara

Toyota Avanza hingga Suzuki Vitara Brezza dikabarkan akan meluncur pada akhir 2021. Ajang GIIAS 2021 kemungkinan akan menjadi panggung besar banyak mobil baru.
Daihatsu DN Multisix, mobil konsep yang disebut-sebut sebagai cikal bakal generasi terbaru Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. /Daihatsu
Daihatsu DN Multisix, mobil konsep yang disebut-sebut sebagai cikal bakal generasi terbaru Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA — Pada penghujung 2021 ada sederetan mobil baru yang hampir semuanya akan dipasarkan dengan harga Rp200 juta hingga Rp300 juta, di antaranya mobil sejuta umat Toyota Avanza. Selain itu adapula Suzuki Vitara Brezza yang akan menambah sengit persaingan mobil murah.

Selain Toyota Avanza dan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia, kelas LMPV juga akan kedatangan mobil baru lain. Rumor yang beredar di antaranya adalah Honda Mobilio dan Hyundai Stargazer. 

Menarik juga untuk disimak, segmen compact SUV yang akan semakin ramai. Kabarnya, Honda akan mengisi ceruk pasar dengan ZR-V yang siap menjadi rival Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

Deretan mobil baru yang disiapkan agen pemegang merek, menunjukan optimistis pasar. Terlebih, penjualan mobil tahun ini sudah menunjukkan perbaikan kinerja yang cukup menggembirakan.

Meski belum mencapai 1 juta, pelaku industri otomotif sangat yakin jauh lebih baik dibanding 2020 dengan capaian sekitar 750.000 unit. Dengan perbaikan kondisi ekonomi tahun depan, penjualan diperkirakan kembali ke angka satu juta.

Adapun berikut deretan mobil baru yang dikabarkan akan meluncur pada akhir 2021: 

Honda Mobilio atau Honda ZR-V

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Bisnis, Honda menjadi salah satu merek yang cukup santer diperbincangkan. Setelah meluncurkan All New Honda BR-V, Honda masih memberi sinyal kuat untuk merilis mobil baru lagi akhir tahun ini khususnya memanfaatkan ajang GIIAS 2021.

"Pada awalnya memang kami berencana memperkenalkan All New Honda BR-V di GIIAS. Tapi GIIAS sudah mundur dua kali, kami rancang ulang strategi kami. Namun GIIAS ajang yang tepat untuk memperkenalkan teknologi dan produk baru. Kami akan hadirkan inovasi lainnya berupa sesuatu yang baru," sebut Direktur Bisnis Inovasi, Pemasaran, dan Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy belum lama ini.

Update Mobil Baru Akhir 2021, dari Toyota Avanza hingga Suzuki Vitara

Calon mobil baru Honda yang rencananya akan diluncurkan pada GIIAS 2021. /Youtube Hondaisme

Selain Honda Mobillio, mobil misterius tersebut juga belakangan ada yang menyebut Honda ZR-V. Bila benar, artinya Honda akan masuk ke dalam pasar compact SUV dan bersaing dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Kia Sonet. 

Avanza dan Xenia

Aroma peluncuran model baru dari MPV anyar Avanza dan Xenia akhir tahun ini semakin kuat. Kendati demikian, Toyota dan Daihatsu masih enggan berkomentar banyak terkait peluncuran mobil terbarunya.

Rumor peluncuran All New Avanza sebenarnya sudah mulai ramai sejak tahun lalu. Apalagi desain Avanza - Xenia sudah bertahan sejak tahun 2011. Artinya, sudah 10 tahun kedua mobil kembar Toyota dan Daihatsu belum melakukan major change atau perubahan mayor.  

Menurut laporan media Malaysia Wapcar, Avanza dan Xenia, tetap akan berbagi platform yang sama. Keduanya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti yang digunakan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.  

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer diperkirakan akan memulai debutnya di Indonesia pada akhir tahun ini atau awal 2022. Mobil ini akan menjadi lawan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di kelas LMPV.

Terlebih LMPV dari Hyundai ini ramai diperbincangkan di media sosial lantaran terpergok sedang melaksanakan uji coba di Bandung, Jawa Barat.  

"Hyundai Stargazer lagi jalan-jalan ke Bandung nih," tulis akun Instagram @indra_fathan dalam unggahannya.

Vitara Brezza dan Suzuki S-Presso

Kedua mobil andalan dari Suzuki cukup banyak ditunggu oleh pelanggan di Tanah Air. Meski belum ada pernyataan pasti, tetapi Suzuki Indonesia sempat mengamini akan meluncurkan produk baru pada semester kedua 2021.

Adapun, Suzuki Vitara Brezza akan mengisi segmen SUV. Vitara Brezza sendiri dipasarkan di India.

Sementara itu, S-Presso sudah diperkenalkan di India pada 30 September 2019 adalah SUV kompak yang menyasar konsumen muda yang lebih menekankan desain kendaraan.

Diperkirakan mobil in bakal bersaing dengan Kia Sonet dan Renault Kwid. Bahkan, berpotensi mengganggu duo Toyota Raize-Daihatsu Rocky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper