Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Mau Bawa Mobil Baru di GIASS 2021, Honda Mobilio?

Rumor mengenai peluncuran Honda Mobilio baru kembali menguat setelah All New Honda BR-V diperkenalkan kepada publik. Sebagaimana diketahui, generasi lama kedua mobil ini adalah saudara sedarah yang memiliki banyak kemiripan.
Honda Mobilio. /HPM
Honda Mobilio. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan tetap menggunakan momentum GIIAS 2021 untuk memperkenalkan produk baru.

Direktur Bisnis Inovasi, Penjualan, dan Marketing PT HPM Yusak Billy mengatakan awalnya perseroan akan memperkenalkan BR-V terbaru pada ajang perhelatan mobil terbesar nasional tersebut. Namun, dikarenakan GIASS diundur sebanyak 2 kali, perseroan memutuskan memperkenalkan BR-V generasi kedua ini secara mandiri.

"Pada awalnya memang kami berencana memperkenalkan All New Honda BR-V di GIIAS, tapi GIIAS sudah mundur dua kali, kami rancang ulang strategi kami. Namun GIIAS ajang yang tepat untuk memperkenalkan teknologi dan produk baru. Kami akan hadirkan inovasi lainnya berupa sesuatu yang baru," kata Billy kepada Bisnis, Kamis (23/9/2021).

Kendati demikian, Billy masih masih enggan menyebutkan mobil model apa yang akan di luncurkan pada GIIAS tahun ini.

Adapun, dalam video pengenalan All New Honda BR-V ada mobil dengan panjang serupa BR-V yang diselimuti kain abu. Tampak pula mata mobil yang cukup gagah bersinar dibalik kain tersebut. Dari kejauhan, mobil tersebut juga nampak lebih ceper dari BR-V baru.

"Kami belum bisa menyebutkan mobilnya, tapi semua sudah tahulah," imbuhnya.

Diperkirakan mobil yang dimaksud adalah LMPV Honda Mobilio. Bila benar demikian Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander yang selama ini mendominasi pasar LMPV akan kedatangan lawan tangguh.

Berdasarkan catatan Bisnis, Honda Mobilio hadir ke Indonesia pada awal 2014. Kemunculannya saat itu sempat menjadi pesaing ketat Toyota Avanza dan kawan-kawan. Namun, LMPV Honda ini gagal memertahankan pasar.

Adapun HPM pertama kali memperkenalkan Mobilio pada pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran. Hanya selang setahun, Mobilio resmi dirilis kepada publik. 

Mobilio hadir dengan menggunakan platform Brio. Ia menggendong mesin yang sama dengan Jazz dan Freed, yakni 1.5 liter atau 1.496 cc, 4 silinder segaris. 

Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimum 116 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Memiliki opsi transmisi manual dan otomatis, harga jual Mobilio pada 2014 dimulai dari Rp159,5 juta. Adapun, harganya kini mulai Rp203 juta sampai dengan Rp257,5 juta.

Sebelum Honda BR-V menggunakan platform N7X Concept, LSUV ini juga dikembangkan dari platform Brio. Honda sejauh ini belum memberikan keterangan resmi soal berbagi platform BR-V generasi kedua dengan Mobilio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper