Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar SUV Sengit, Begini Pemetaan Toyota

Kontribusi SUV terhadap pasar otomotif domestik semakin besar. Hal ini seiring dengan banyaknya model yang bermain di ceruk pasar tersebut.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 23 September 2021  |  18:34 WIB
Toyota Rush menjadi satu andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menguasai pasar SUV di Indonesia.  - Toyota
Toyota Rush menjadi satu andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menguasai pasar SUV di Indonesia. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis dapat tetap mempertahankan pangsa pasar di kelas SUV. Kendati saat ini segmen tersebut telah disesaki oleh berbagai macam model yang membuat persaingan kian sengit.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan perseroan membagi SUV ke dalam tiga segmen, yakni LSUV, medium SUV, dan high SUV. Pada tahun ini, TAM telah masuk ke segmen LSUV melalui model Toyota Raize. 

Menurut data internal TAM, Raize saat ini memimpin kelas LSUV dengan pangsa pasar 48 persen. Di kelas ini, TAM mencatat Raize bersaing dengan Nissan magnite dan Kia sonet.

Dia juga mengatakan bahwa kehadiran Toyota Raize telah memperbesar pasar domestik. "Tahun 2019 [ceruk pasar Raize] ada di level kurang dari 2.000 unit, dan di tahun 2021 ini tumbuh ke level 20.000 unit dan berkontribusi sebesar 14 persen dari total SUV market atau 3,7 persen dari total market," katanya kepada Bisnis, Rabu (22/9/2021).

Sementara itu, untuk medium SUV, catatan TAM menunjukan Toyota Rush mejadi pemimpin pasar dengan pangsa 38 persen.

Anton yakin pasar medium SUV sendiri saat ini adalah ceruk terbesar di segmen SUV. "Toyota Rush di tahun ini pun sudah mencapai 80.000 unit dan berkontribusi lebih dari setengah pasar SUV," katanya.

Jika dibandingkan semua segmen SUV yang ada, Anton berpendapat medium SUV memiliki pertumbuhan yang juga baik. Dari tahun 2019, segmen ini berkontribusi 11 persen, sedangkan kontribusinya tahun ini sudah di atas 14 persen.

"Kami rasa kontribusinya masih akan terus berkembang ke depan, tidak hanya medium SUV, tapi juga low SUV, dan secara total segmen pasar SUV yang saat ini berkontribusi 26 persen ke total market naik dari tahun lalu yang berada di 21 persen dan di 2019 yang berada di level 17 persen," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif penjualan mobil Toyota Astra Motor Model SUV
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top