Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hankook Tire Jadi Ban Resmi Mobil Listrik Volkswagen ID.4

Karakteristik penting dari ban mobil listrik adalah bobot yang lebih ringan, berkurangnya hambatan gulir, dan kapasitas penyangga beban lebih tinggi.
Ban Hankook Ventus S1 evo 3 ev . /Hankook
Ban Hankook Ventus S1 evo 3 ev . /Hankook

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen ban Hankook memperluas kemitraan sebagai pemasok ban resmi untuk kendaraan listrik, salah satunya e-SUV milik Volkswagen, yaitu VW ID.4.

Volkswagen ID.4 akan dilengkapi dengan ban Ventus S1 evo 3 ev yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik. Ban berukuran 18-21 inci dari seri tersebut dilengkapi sebagian dengan teknologi Hankook Sealguard Puncture Protection.

“Dengan ini, kami ingin memberikan kontribusi penting dalam mobilitas berkelanjutan,” ujar Jeongho Park, Executive Vice President and Director of OE Division, dalam keterangan tertulis, yang diterima Bisnis, Rabu (25/8/2021).

Jeongho Park mengatakan bahwa karakteristik penting dari ban mobil listrik adalah bobot yang lebih ringan, berkurangnya hambatan gulir, dan kapasitas penyangga beban lebih tinggi.

Hal tersebut dibutuhkan guna menunjang bobot kendaraan mobil listrik, yang cenderung lebih berat. Untuk memenuhi hal tersebut, teknisi Hankook menyertakan EV tire Ventus S1 evo 3 ev dengan karkas dua lapis yang dibuat khusus dari serat performa tinggi.

Teknologi tersebut memberikan stabilitas yang tinggi dengan berat tara rendah sesuai dengan ukurannya. Bagian penting lainnya adalah senyawa tapak atau tread compound dari Ventus S1 evo 3 ev yang memiliki cengkraman luar biasa di kondisi jalan kering maupun basah.

Senyawa tersebut telah disesuaikan untuk kebutuhan perputaran yang tinggi dari kendaraan listrik, serta mampu mengoptimalkan kemampuan rolling resistance.

Bagi ban berukuran 20 inci, penyangga tambahan berbahan baja juga dipakai di bagian bead karena tinggi sisi dinding yang dikurangi, hal ini kemudian membantu meningkatkan kekakuan pada dinding samping ban.

Selain itu, teknologi penyegelan Hankook Sealguard juga terdapat pada ban Hankook ukuran 19, 20, dan 21 inci untuk VW ID.4 yang secara otomatis dapat menutup kebocoran hingga 5mm di bagian tapak ban. Hasilnya, apabila mobil terkena paku, perjalanan tetap dapat dilanjutkan dan pengemudi tidak perlu mengganti ban.

Sampai saat ini, Hankook telah melengkapi model kendaraan listrik dan hybrid mereka dengan ban Hankook EV sebagai komponen standar. Mereka juga menjadi pemasok eksklusif dan mitra teknis untuk ABB FIA Formula E World Series mulai musim 2022/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper