Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Mobil Antik Bung Karno, dari Mobil AS hingga Rusia

Banyak benda bersejarah di Indonesia saat Bung Karno menjabat sebagai presiden. Salah satunya adalah mobil-mobil antik, yang kini terpajang di Museum Joang'45 atau dimiliki oleh para kolektor.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 17 Agustus 2021  |  16:05 WIB
Koleksi mobil Presiden RI pertama Soekarno.  - www.mobil/klasikantik.com
Koleksi mobil Presiden RI pertama Soekarno. - www.mobil/klasikantik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus tidak pernah terlepas dari sosok Soekarno, sang proklamator kemerdekaan sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia.

Banyak benda bersejarah di Indonesia saat Soekarno atau biasa disapa Bung Karno menjabat sebagai presiden. Salah satunya adalah mobil-mobil antik, yang kini terpajang di Museum Joang’45 atau dimiliki oleh para kolektor.

Buku Jejak Roda Petualang (2003), karya EM Samudera dan Uslik Kristimilia, menjadi salah satu literatur yang mencatat deretan mobil-mobil antik bekas milik Soekarno. Ini daftarnya:

Chrysler Windsor Limousine 1947

Mobil antik ini awalnya hanya digunakan oleh Jenderal Sudirman saat ibu kota masih berada di Jogjakarta pada tahun 1947. Setahun kemudian, atau ketika ibu kota beralih ke Jakarta, mobil tersebut diberikan kepada Bung Karno. Mobil ini acap kali digunakan untuk dinas ke luar kota, salah satunya saat Konferensi Asia-Afrika.

Mobil Chrysler khususnya sedan saloon, telah ada di Indonesia sejak tahun 40-an.Tidak diketahui secara spesifik ataupun data resmi kapan merek mobil itu didatangkan oleh distributornya.

Namun, saat itu kebanyakan dari mobil tersebut didatangkan pemerintah Belanda dan Tentara Sekutu sebagai mobil kenegaraan. Setelah merdeka, beberapa mobil menjadi mobil kepresidenan, diantaranya Chrysler Imperial dan Chrysler Windsor.

Chrysler Windsor Limousine milik Soekarno ini diproduksi 1939 hingga 1961. Berlanjut dari 1961 sampai dengan 1966, tetapi hanya berlaku untuk Kanada. Mobil ini dibekali mesin 250.6 CID L-head bertenaga 114 hpm dilengkapi transmisi manual 4-percepatan.

1 dari 3 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil soekarno
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top