Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenang Kejayaan AMG di Spa-Francorchamps 50 Tahun Lalu

Nama AMG merupakan akronim huruf pertama yang diambil dari nama keluarga Aufrecht, Melcher, dan kota Großaspach, tempat kedua pendiri bekerja memproduksi mesin balap pertama kalinya pada 1960-an.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  18:05 WIB
AMG Class Victory dalam 24 Hour Race pada 1971.  - Mercedes/Benz
AMG Class Victory dalam 24 Hour Race pada 1971. - Mercedes/Benz

Bisnis.com, JAKARTA — Tepatnya pada 1971 atau 50 tahun lalu, AMG mengukir kenangan manis dalam ajang balap 24 Hours of Spa-Francorchamps yang berlokasi di Belgia.

Ajang balapan tersebut mempertemukan AMG dalam area sirkuit motorsport sepanjang malam, yang dimulai pukul 15.00 pada 24 Juli 2021. Sebanyak 80 mobil mengikuti ajang balap tersebut.

Tepat di tengah sirkuit, sedan Mercedes-Benz dari seri model W 109 melaju di Ardennes. Kendaraan itu bukanlah mobil balap pabrikan, melainkan kendaraan yang digunakan oleh perusahaan teknik besutan Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher pada 1967.

Nama AMG merupakan akronim huruf pertama yang diambil dari nama keluarga Aufrecht, Melcher, dan kota Großaspach, tempat kedua pendiri bekerja memproduksi mesin balap pertama kalinya pada 1960-an.

Saat balapan 24 Hours of Spa-Francorchamps berlangsung, nama AMG belum dikenal luas, terutama bagi para pencinta mobil Mercedes-Benz yang tertarik di dunia balap. Namun, lewat ajang tersebut, AMG meraih reputasinya dalam semalam.


Mercedes-Benz model W 109 yang telah dimodifikasi Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher pada 1967 yang kemudian populer disebut AMG. /Mercedes-Benz

Hans Heyer dan Clemens Schickentanz membawa 300 SEL 6.8 sampai garis finish di posisi kedua dan berhasil mendapatkan kemenangan di kelasnya. Sejumlah media lokal di Jerman lantas merayakan kemenangan tersebut.

Dalam balapan tersebut, AMG mempersiapkan pendahulu Mercedes-Benz S-Class ini untuk balapan jarak jauh, yang ditekankan pada mesin dan sasis. Mobil balap ini memiliki tenaga 428 hp dari kapasitas mesin 6.835 sentimeter kubik, torsi hingga 620 Nm.

Kecepatan tertinggi lebih dari 265 km/jam dan kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. AMG 300 SEL 6.8 adalah nama mobil balap merah dengan penyematan tanda bintang yang menunjukkan asal brand ini dari Stuttgart.

Bagi merek mobil sport Mercedes-AMG dan Mercedes-AMG Motorsport, kesuksesan di 24 Hours of Spa-Francorchamps 50 tahun lalu telah menjadi tonggak sejarah bagi brand mereka.

Tahun ini, total 13 tim pelanggan Mercedes-AMG GT3 mengambil bagian dari 24 Hours of Spa-Francorchamps, yang dimulai pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2021. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Mercedes Benz Mercedes-AMG
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top