Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Cara Mudah Hindari Mobil Sampai Terbakar

Berikut penyebab kebakaran pada mobil dan cara mencegahnya.
Ilustrasi mobil terbakar. /Antara
Ilustrasi mobil terbakar. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Mobil terbakar jenis Ford Mustang Shelby GT500 terbakar di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021) menambah daftar mobil terbakar saat digunakan. Mobil ini diduga mengalami korsleting listrik sehingga membuatnya terbakar.

Selain Mustang, ternyata pada hari yang sama, sebuah  Suzuki XL7 terbakar di dekat pintu keluar Tol Kuningan. Penyebab pasti kebakaran yang menimpa mobil ini belum diketahui.

Ada banyak sebab mobil bermasalah hingga menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu penting untuk Anda mengentahui dengan baik segala permasalahan yang terjadi pada mobil. 

Mengutip situs Daihatsu, Rabu (28/7/2021), ada lima hal yang mungkin saja menjadi penyebab mobil terbakar. Berikut rangkumannya: 

1. Mesin Mobil yang Terlalu Panas
Mesin mobil terlalu panas atau overheat dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti penggunaan dalam jangka waktu panjang. Mesin mobil yang terlalu panas ini dapat membuat suhu oli meningkat dan membuat kebocoran hingga memicu api. 

Oleh karena itu penting untuk melakukan pencegahan dengan mengecek bagian dasbor kendaraan. Apabila panas, Anda bisa sejenak mengistirahatkan mobil.

2. Bahan Bakar atau Oli Bocor
Bahan bakar dan oli merupakan salah satu struktur dalam mobil yang berpeluang bocor. Saat mobil sedang digunakan, bagian dari ruang penyimpanan oli dan bahan bakar akan mudah memanas. Cairan lain seperti solar, power steering, cairan pendingin mobil, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil. Untuk mencegah bocornya bahan bakar atau oli diperleukan pengecekan secara rutin dan berkala serta perawatan terhadap sirkulasi bahan bakar dan oli.

3. Kerusakan Aliran Listrik
Mobil memiliki sebuah aliran listrik yang mudah mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah kondisi oli mobil yang bermasalah. Jika kondisi oli bermasalah akan memunculkan timbunan gas hidrogen yang ada pada bagian mesin mobil terdalam. Gas inilah yang akan memicu mobil terbakar. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut Anda harus selalu melakukan perawatan mobil, terutama pada bagian kelistrikan.

4. Minimnya Perawatan Kendaraan
Perawatan yang tidak maksimal juga dapat membuat mobil terbakar. Jika mobil digunakan terus menerus, Anda harus rutin untuk merawatnya supaya kondisi mobil tetap prima. Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan risiko kebakaran yang sangat membahayakan.

5. Cacat Kendaraan
Desain suatu kendaraan yang cacat juga bisa menyebabkan mobil terbakar. Hal ini terjadi ketika adanya kelalaian dalam produksi mobil yang menjadikannya berbahaya. Jika diperhatikan, mobil yang cacat tak selalu menjadi penyebab mobil terbakar. Namun, jika hal ini dibiarkan akan mengganggu kenyamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper