Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif : 4 Cara Merawat Kendaraan di Tengah PPKM Darurat

Berikut adalah empat tips mudah yang dapat dilakukan dan dimanfaatkan oleh para pemilik kendaraan untuk memastikan mobilnya tetap berada pada keadaan prima, menurut MG Motor:
Ilustrasi mesin mobil. /Reuters
Ilustrasi mesin mobil. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Intensitas penggunaan mobil dipastikan berkurang di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa–Bali, yang berlangsung sampai dengan 20 Juli 2021.

Oleh karena itu, perhatian terhadap mobil perlu ditingkatkan. Berikut adalah empat tips mudah yang dapat dilakukan dan dimanfaatkan oleh para pemilik kendaraan untuk memastikan mobilnya tetap berada pada keadaan prima, menurut MG Motor:

1. Panaskan mobil selama 10–15 menit
Saat tidak digunakan, rutinitas memanaskan mobil tetaplah penting untuk dilakukan agar sirkulasi oli terjaga dan dapat tetap melumasi komponen-komponen di dalam mesin mobil dengan baik. Selain itu, rutinitas memanaskan mobil juga dapat menjaga daya aki agar tetap dapat bekerja secara maksimal dan tegangan listriknya tetap stabil.

2. Sesekali ubah posisi parkir mobil
Sambil memanaskan mobil, jangan lupa untuk sesekali mengubah posisi parkir agar roda ban juga ikut bergerak. Hal ini dapat memastikan bentuk ban tetap ideal karena tidak bertumpu pada satu posisi tertentu dalam waktu yang lama. 

Selain itu, roda ban yang terlalu lama didiamkan juga dapat kehilangan tekanan udaranya dan mengempis dengan mudah.
 
3. Periksa kondisi bahan bakar dan oli secara rutin
Mobil yang lama tidak terpakai dapat menimbulkan pengendapan pada bahan bakar dan oli yang disebabkan oleh tidak adanya tekanan pada mesin.

Selain memanaskan mesin mobil secara rutin, jangan lupa juga untuk tetap memastikan bahwa mesin mobil memiliki level bahan bakar dan oli yang memadai.

4. Tetap jaga kondisi interior mobil
Berkurangnya penggunaan mobil selama masa PPKM Darurat juga dapat menyebabkan berkurangnya pertukaran udara di dalam kabin yang biasanya terjadi saat pengendara berada di dalam mobil. Ini menyebabkan interior mobil lebih lembab dan memicu jamur.
 
Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi interior mobil, jangan lupa untuk tetap membuka jendela atau panoramic sunroof  agar sirkulasi udara tetap terjaga. Bila perlu, pindahkan posisi parkir ke tempat yang terkena matahari agar dapat mengurangi potensi munculnya jamur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper