Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Belajar Mobil Sendiri Tanpa Kursus

Berikut 3 tips belajar mengemudi secara mandiri, menurut Auto2000.
Ilustrasi mengemudi mobil. /Daihatsu
Ilustrasi mengemudi mobil. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA – Belajar mengemudi mobil tak harus dengan mendaftar ke jasa kursus. Anda bisa meminta bantuan kerabat yang telah mahir mengemudi untuk mengajari.

Namun, untuk memulainya tentu ada sejumlah persiapan yang tidak boleh diabaikan, sebab mengemudi merupakan hal yang berkaitan erat dengan keselamatan.

Berikut 3 tips belajar mengemudi secara mandiri, menurut Auto2000:

1. Pelatih yang mahir

Sangat penting untuk pelatih atau instruktur mengemudi Anda sangat mahir dan memiliki SIM A. Selain mengajari sampai bisa, kerabat yang dimintai tolong juga perlu memberi semacam motivasi agar Anda cepat berhasil.

Hindari pengemudi pemula maupun yang tidak mahir dalam mengemudi untuk menjadi instruktur. Pilih kerabat yang memiliki kesediaan waktu dan menguasai berbagai mobil dan transmisi, baik manual maupun matik.

2. Pilih lokasi aman

Jika Anda tidak memiliki izin dari pihak berwajib, maka jangan belajar mengemudi di jalan raya. Pilih area yang aman dan sepi dari keramaian untuk sebagai lokasi belajar mengemudi.

Lokasi seperti lapangan parkir, halaman perkantoran di hari libur, maupun lapangan bola yang kosong bisa menjadi pilihan yang bagus.

Belajar mengemudi di area yang ramai lalu lintas ataupun pejalan kaki juga menyulitkan proses belajar serta menimbulkan potensi bahaya bagi orang lain.

3. Memahami fungsi dan fitur

Sebelum mulai mengemudi, wajib untuk mengenali fungsi dan kegunaan setiap fitur maupun kelengkapan di mobil. Pahami juga cara pengoperasiannya.

Contohnya, fitur AC, paddle shift, rem parkir hingga transmisi. Semuanya perlu dipahami sebelum jalan. Ingat, tidak semua mobil memiliki fitur dan kelengkapan yang sama, demikian juga pengoperasiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper