Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Pajak hingga Bensin, Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis Rp53.000 per Hari?

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah biaya perawatan berkala, biaya pajak, dan biaya bahan bakar kendaraan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 19 Juni 2021  |  11:16 WIB
Suzuki Ignis Sport.  - Bisnis.com
Suzuki Ignis Sport. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika ingin membeli mobil pribadi, baik untuk keperluan harian ataupun mendukung usaha, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya kepemilikan dari mobil tersebut.

“Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa mengganggu perencanaan finansial rumah tangga,” ujar Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

Karena itu, Hariadi mengatakan Suzuki berinisiatif menjabarkan estimasi biaya kepemilikan Ignis bagi para pelanggan. Dia menuturkan bahwa biaya merawat Ignis jika diestimasikan berkisar Rp53.497 per hari.

Namun, lanjutnya, nominal tersebut akan berbeda-beda bagi setiap pemilik mobil sesuai dengan pemakaian dan berbagai faktor lainnya.

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah biaya perawatan berkala, biaya pajak, dan biaya bahan bakar kendaraan.

Akan tetapi, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaan kendaraan, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.

- Biaya Perawatan Berkala

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50.000 km.

- Biaya Pajak

Bukan hanya mempersiapkan biaya perawatan rutin secara berkala saja, namun untuk kepemilikan Ignis atau jenis mobil lainnya, konsumen perlu menyiapkan pajak tahunan. Untuk estimasi ini menggunakan pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp2.940.000 per tahun atau Rp8.054 per hari.

- Biaya Bahan Bakar

Selain biaya servis dan biaya pajak tahunan, konsumen juga perlu memperhatikan biaya bahan bakar yang diperlukan. Pada estimasi ini menggunakan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata yaitu 10 km per liter.

Apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, maka ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp38.250 per harinya.

Hariadi menuturkan bahwa dengan menghitung variabel sebelumnya, yaitu biaya perawatan berkala ditambah biaya pajak tahunan dan biaya konsumsi bahan bakar, maka biaya kepemilikan Ignis, termasuk servis, pajak, dan biaya bensin adalah sebesar Rp53.497 per hari. Tentunya, biaya ini belum termasuk hal tidak terduga atau faktor lainnya.

Saat ini, Ignis hadir dalam tipe GL dan GX. Untuk Ignis GL M/T dibanderol Rp175,5 juta, sedangkan Ignis GL AGS Rp185,5 juta. Adapun, Ignis GX M/T dipasarkan dengan harga Rp194,5 juta dan Rp204,5 juta untuk varian GX AGS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suzuki Ignis Biaya Servis Mobil
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top