Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2035, Seluruh Pabrik Toyota Ditargetkan Netral Karbon

Perusahaan akan fokus memperkenalkan teknologi baru untuk proses seperti pengecatan, pelapisan, dan pengecoran.
Logo Toyota/Reuters-Yuya Shino
Logo Toyota/Reuters-Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor Corps mempercepat rencana pabrik netral karbon menjadi 2035. Sebelumnya pabrikan asal Jepang semula dicanangkan pada 2050. 

Chief Production Officer Toyota, Masamichi Okada, mengatakan perusahaan akan fokus memperkenalkan teknologi baru untuk proses seperti pengecatan, pelapisan, dan pengecoran.

"Dengan cara ini, proses yang menghasilkan CO2 tinggi akan difokuskan untuk mengurangi sebanyak mungkin, atau bahkan menghilangkan emisi CO2," kata Okada dalam briefing media online seperti dilansir Tempo dari Reuters, Jumat, (11/6/2021).

Okada menjelaskan bahwa identifikasi proses yang menghasilkan CO2 merupakan langkah penting. Dengan demikian perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat untuk mencapai netral karbon pada 2035.

"Dengan mengidentifikasi area-area ini, kami akan memfokuskan sumber daya kami dan kami yakin itu akan berkontribusi untuk mempersingkat waktu hingga kami dapat mencapai netralitas karbon," katanya. 

Dengan meningkatnya tekanan pada produsen mobil global untuk memangkas emisi, produsen mobil mewah Jerman BMW mengatakan pabriknya di Cina berencana untuk mencapai netral karbon pada akhir tahun ini. Ford juga akan mengejar netral karbon dengan memanfaatkan energi terbarukan pada 2035.

Toyota telah mengatakan dalam beberapa tahun terakhir bahwa kendaraan listrik akan memainkan peran yang lebih besar dalam mengurangi emisi tetapi solusi lain harus digunakan, seperti kendaraan hybrid atau hidrogen.

Untuk mencapai kondisi netral karbon, Toyota mengklaim memiliki berbagai pilihan, menambahkan bahwa produsen mobil ingin bekerja dengan beberapa jenis model untuk kendaraan listrik dan merakitnya secara bersamaan. 

"Kami akan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan kami yang telah kami peroleh selama bertahun-tahun," katanya.

Adapun pabrik Toyota memiliki rencana memproduksi 15 mobil listrik hingga 2025. 

CTO Toyota Masahiko Maeda menurutkan satu dari mobil tersebut akan mengusung lencana bZ atau beyond zero, yakni lini produksi mobil perusahaan yang memiliki emisi karbon nol. Toyota bZ4X adalah mobil listrik pertama perusahaan dengan teknologi emisi karbon nol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper