Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

April 2021, Penjualan Honda Merangkak Naik

Kinerja PT Honda Prospect Motor berbalik sangat positif pada April 2021 bila dibandingkan dengan April 2020 atau masa awal pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini seiring dengan penerapan insentif PPnBM.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  08:22 WIB
Honda City Hacthback RS.  - PT Honda Prospect Motor
Honda City Hacthback RS. - PT Honda Prospect Motor

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) membukukan 10.189 unit sepanjang April 2021. Jumlah itu naik 1,38 persen dibandingkan dengan Maret.

Namun secara tahunan, dibandingkan dengan April 2020, di mana menjadi periode awal pandemi Covid-19 di Indonesia, kinerja bulan lalu naik signifikan. HPM mencatat kenaikan lebih dari 5 kali lipat. 

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy, mengatakan peningkatan penjualan pada April masih didominasi oleh model-model yang masuk ke dalam program relaksasi pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM). 

“Tren penjualan kami masih positif dan kami akan fokus untuk menjaga pasokan agar dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen,” ujar Billy, Kamis (6/5/2021). 

Sepanjang bulan lalu, duet Honda Brio kembali menjadi penopang dengan kontribusi 54 persen dari total penjualan. Brio Satya tercatat membukukan 3.949 unit, sementara Brio RS terjual sebanyak 1.573 unit. 

Selain kedua model tersebut, penjualan untuk Honda juga produk-produk completely knock down (CKD), antara lain Honda HR-V 1.5L dilego 2.137 unit, New Honda CR-V terjual 837 unit, dan Honda Mobilio membukukan penjualan 701 unit. 

Selain itu, Honda City Hatchback RS mampu mencatatkan penjualan sebanyak 427 unit, Honda BR-V 221 unit, dan Honda HR-V 1,8L laku 202 unit. 

Selain produk-produk di atas, beberapa model completely built up (CBU) Honda turut memberikan sumbangan penjualan pada bulan lalu. Honda Civic Sedan mampui terjual sebanyak 55 unit, sementaraHonda Civic Hatchback terjual 50 unit. 

Adapun, Honda Accord terjual sebanyak 21 unit, Honda Odyssey terjual sebanyak 14 unit dan Honda City terjual sebanyak 2 unit.

Sementara itu pasar otomotif sejak Mei 2021, bergerak sangat positif seiring dengan penerapan insentif PPnBM. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales roda empat pada Maret 2021 mencapai 84.910 unit, naik 72,6 persen dibandingkan Februari.

Pada periode yang sama, penjualan ritel mobil pada bulan lalu tercatat sebanyak 77.511 unit. Angka ini naik  65,1 persen jika disandingkan dengan kinerja penjualan Februari 2021 yang meraih 46.943 unit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil honda honda prospect motor Pemulihan Ekonomi Nasional KPCPEN
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top