Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Mengemudi SUV agar Irit Bensin

Model SUV dapat menjadi efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, meski bobot dan dimensinya besar.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  14:23 WIB
Bengkel Mobil Toyota.  - Auto2000
Bengkel Mobil Toyota. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA – Kebiasaan dalam mengemudi diyakini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. Tentunya selain dibantu oleh sejumlah teknologi yang disematkan pada kendaraan itu sendiri.

Bagi anda yang bermobilitas dengan mobil sport utility vehicle (SUV), ada sejumlah cara mengemudi agar mobil bergaya sportif ini mampu mencetak konsumsi bahan bakar yang irit.

Menurut laman resmi Auto2000, SUV dapat menjadi efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, meski bobot dan dimensinya besar. Berikut 5 tips mengemudi SUV agar lebih irit bahan bakar.

1. Pastikan tekanan angin ban ideal

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan keempat ban mobil memiliki tekanan angin yang ideal. Jika ada yang kurang angin, maka sebaiknya segera tambahkan.

Berkendara dengan ban yang kurang angin dipastikan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Hal tersebut karena bidang gesek atau tapak permukaan ban jadi lebih besar, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk memutarnya.

2. Jangan gas mendadak

Baik mobil SUV bertransmisi matik maupun manual, jika pedal gas terlalu sering diinjak mendadak maka konsumsi bensin akan cenderung lebih boros. Hal ini menjadi kunci terutama saat di perkotaan yang identik dengan gaya mengemudi stop and go.

Menjalankan mobil dengan akselerasi yang lembut, baik pada mobil bertransmisi matik ataupun manual akan membuat SUV irit dengan kontribusi penghematan yang signifikan.

3. Hindari rem mendadak

Sama halnya dengan gas mendadak, kebiasaan mengerem mendadak juga dapat membuat konsumsi bahan bakar cenderung boros. Kenapa demikian? Sebab, setelah mengerem, pengemudi kerap membutuhkan tenaga yang telah turun secara instan.

Alhasil, tak jarang menekan pedal gas dalam-dalam dilakukan untuk mendapatkan lagi tenaga tersebut, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien. Untuk itu, lajukan mobil dalam kecepatan konstan, beri jarak aman, dan sigap mengurangi rem mendadak.

4. Hindari beban berlebih

Jika ada barang bawaan berukuran besar ada di kabin, maka dapat menjadi beban total sebuah mobil. Maka sebaiknya turunkan benda tersebut jika tidak diperlukan.

Secara teori, setiap beban dengan bobot 100 kg akan menyebabkan pemangkasan konsumsi bahan bakar hingga 3 persen. Oleh sebab itu, usahakan isi kabin SUV diisi dengan barang-barang yang sesuai dengan kapasitasnya.

5. Atur suhu AC ideal di kabin

AC yang menggunakan sumber energi dari putaran mesin tentu menjadi salah satu penyumbang beban. Sederhananya, jika AC tidak aktif maka konsumsi bensin bisa irit. Tetapi, ini sulit dilakukan ketika berkendara di negara tropis. Untuk itu, sebisa mungkin atur suhu AC ideal di dalam kabin dan gunakan seperlunya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BBM tips otomotif Model SUV
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top