Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Optimistis Raize Bisa Masuk Daftar Mobil Terlaris

PT Toyota Astra Motor menargetkan Raize dapat terjual sebanyak 2.000 unit per bulan.
Toyota Raize. /global.toyota
Toyota Raize. /global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil sport utility vehicle (SUV) kompak berkapasitas lima kursi, Toyota Raize diyakini dapat menjadi salah satu mobil terlaris di Tanah Air. Keyakinan itu diwujudkan melalui target penjualan sebanyak 2.000 unit per bulan pada tahun ini.
 
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy meyakini Raize dapat menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia lantaran harga jualnya bersaing di kisaran Rp200 juta. TAM diketahui membanderol Raize dengan harga mulai Rp219,9 juta.
 
“Saya rasa bisa menjadi salah satu best selling, bukan satu-satunya, karena di Indonesia pilihan di harga Rp200 juta atau Rp300 juta sudah sangat banyak,” ujarnya dalam diskusi daring, Jumat (30/4/2021).

Anton melanjutkan bahwa tren SUV di Indonesia terus bertumbuh dan terbilang cukup gemuk. Dominasi segmen ini masih dipegang oleh SUV berkapasitas 7 kursi dengan pangsa 60 persen dan 40 persen untuk model berkapasitas 5 kursi (seater).

“Di Indonesia segmen 7-seater tetap lebih besar dari 5-seater. Tapi, saya rasa, Raize dengan volume 2.000 unit akan menjadi salah satu best seller model di Indonesia,” pungkasnya.

Adapun bila mengacu pada data mobil terlaris setiap bulannya. Volume 2.000 unit masih kurang untuk masuk dalam daftar 10 mobil terlaris. 

Berkaca pada data Maret 2021, posisi nomor buncit mobil terlaris diisi oleh Toyota Innova dengan pengiriman sebanyak 2.049 unit. 

TAM resmi merilis dua varian Raize ke publik, yakni tipe 1.000 cc dan 1.200 cc. Tipe 1.0 liter akan menjadi varian pertama yang dikirim ke konsumen, sementara tipe 1.2 liter akan didistribusikan pada paruh kedua 2021.

Toyota Raize memiliki harga jual normal senilai Rp236,8 juta. Namun, berkat relaksasi PPnBM yang digulirkan pemerintah, mobil anyar tersebut memiliki harga mulai Rp219,9 juta dengan catatan PPnBm 0 persen untuk April dan Mei.

SUV kompak tersebut hadir dalam tiga varian, yakni 1.200 cc G, 1.000 cc turbo G, dan 1.000 cc turbo GR. Setiap varian dilengkapi dengan transmisi otomatis dan manual. 

Dari dapur pacu, Toyota Raize 1.2 G mampu mengeluarkan daya 87 Hp pada putaran mesin 6.000 RPM. Pada varian 1.0T G dan 1.0T GR, Raize menyemburkan 98 tenaga kuda pada 6.000 RPM. Tenaga ini lebih kurang setara dengan Toyota Avanza. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper