Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Optimistis Raize Bisa Masuk Daftar Mobil Terlaris

PT Toyota Astra Motor menargetkan Raize dapat terjual sebanyak 2.000 unit per bulan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 30 April 2021  |  16:11 WIB
Toyota Raize.  - global.toyota
Toyota Raize. - global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil sport utility vehicle (SUV) kompak berkapasitas lima kursi, Toyota Raize diyakini dapat menjadi salah satu mobil terlaris di Tanah Air. Keyakinan itu diwujudkan melalui target penjualan sebanyak 2.000 unit per bulan pada tahun ini.
 
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy meyakini Raize dapat menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia lantaran harga jualnya bersaing di kisaran Rp200 juta. TAM diketahui membanderol Raize dengan harga mulai Rp219,9 juta.
 
“Saya rasa bisa menjadi salah satu best selling, bukan satu-satunya, karena di Indonesia pilihan di harga Rp200 juta atau Rp300 juta sudah sangat banyak,” ujarnya dalam diskusi daring, Jumat (30/4/2021).

Anton melanjutkan bahwa tren SUV di Indonesia terus bertumbuh dan terbilang cukup gemuk. Dominasi segmen ini masih dipegang oleh SUV berkapasitas 7 kursi dengan pangsa 60 persen dan 40 persen untuk model berkapasitas 5 kursi (seater).

“Di Indonesia segmen 7-seater tetap lebih besar dari 5-seater. Tapi, saya rasa, Raize dengan volume 2.000 unit akan menjadi salah satu best seller model di Indonesia,” pungkasnya.

Adapun bila mengacu pada data mobil terlaris setiap bulannya. Volume 2.000 unit masih kurang untuk masuk dalam daftar 10 mobil terlaris. 

Berkaca pada data Maret 2021, posisi nomor buncit mobil terlaris diisi oleh Toyota Innova dengan pengiriman sebanyak 2.049 unit. 

TAM resmi merilis dua varian Raize ke publik, yakni tipe 1.000 cc dan 1.200 cc. Tipe 1.0 liter akan menjadi varian pertama yang dikirim ke konsumen, sementara tipe 1.2 liter akan didistribusikan pada paruh kedua 2021.

Toyota Raize memiliki harga jual normal senilai Rp236,8 juta. Namun, berkat relaksasi PPnBM yang digulirkan pemerintah, mobil anyar tersebut memiliki harga mulai Rp219,9 juta dengan catatan PPnBm 0 persen untuk April dan Mei.

SUV kompak tersebut hadir dalam tiga varian, yakni 1.200 cc G, 1.000 cc turbo G, dan 1.000 cc turbo GR. Setiap varian dilengkapi dengan transmisi otomatis dan manual. 

Dari dapur pacu, Toyota Raize 1.2 G mampu mengeluarkan daya 87 Hp pada putaran mesin 6.000 RPM. Pada varian 1.0T G dan 1.0T GR, Raize menyemburkan 98 tenaga kuda pada 6.000 RPM. Tenaga ini lebih kurang setara dengan Toyota Avanza. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top