Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ford dan Tesla Dapat Penantang Serius, Toyota bZ4X Concept

Toyota sejauh ini belum menjelaskan lebih rinci tentang ukuran atau jangkauan baterai, tetapi bZ4X dipastikan bersaing dengan SUV listrik lain, seperti Ford Mustang Mach-E yang memiliki jangkauan 305 mil dan Tesla Model Y dengan jangkauan 326 mil. 
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 20 April 2021  |  14:47 WIB
Mobil listrik konsep Toyota bZ4X.  - Toyota
Mobil listrik konsep Toyota bZ4X. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corporation mengumumkan akan memproduksi sebanyak 15 mobil listrik pada 2025. Model pertama yang akan dirilis perusahaan adalah sport utility vehicle (SUV) Toyota bZ4X. 

CTO Toyota Masahiko Maeda menuturkan satu dari mobil tersebut akan mengusung lencana bZ atau beyond zero, yakni lini produksi mobil perusahaan yang memiliki emisi karbon nol. Toyota bZ4X adalah mobil listrik pertama Toyota dengan teknologi emisi karbon nol.

Dikutip dari Car and Driver, Selasa (20/4/2021), konsep bZ4X memiliki bentuk dan ukuran mirip Toyota RAV4, yang menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat pada tahun lalu. Namun, bZ4X memiliki sumbu roda lebih panjang dan garis yang lebih tajam. 

Dari tampilan luar, BZ4X memiliki tampilan sebuah kendaraan listrik dengan gaya futuristik. Hal itu mewujud melalui desain grille heksagonal, serta garis tajam pada ujung kiri dan kanan bodi. Lekuk mobil ini juga berotot dengan komposisi pilar C yang menurun. 

Bagian interior mobil ini hadir dengan kolom kemudi yang besar dengan klaster digital. Tampilan futuristik juga terlihat dari setirnya yang bergaya seperti kemudi pesawat. 

Sementara itu, layar sentuh berukuran besar berada di atas konsol tengah serta tombol untuk mengoperasikan sistem pendingin ruangan di bawahnya. Konsol tengah menampung tombol pengontrol mode penggerak, sistem bantuan pengemudi, dan layar infotainment. 

Toyota sejauh ini belum menjelaskan lebih rinci tentang ukuran atau jangkauan baterai, tetapi bZ4X dipastikan bersaing dengan SUV listrik lain, seperti Ford Mustang Mach-E yang memiliki jangkauan 490 kilometer dan Tesla Model Y dengan jangkauan 525 kilometer.

bZ4X akan dibangun di atas platform listrik e-TNGA, yang dikembangkan Toyota bersama Subaru. Mobil ini dipastikan menggunakan penggerak semua roda atau all wheel drive. Toyota bZ4X rencananya diluncurkan pada pertengahan 2022 di AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik otomotif toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top