Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sebut Industri Otomotif Nasional Mulai Bangkit, Ini Buktinya

Presiden Jokowi berharap tren pemulihan industri manufaktur di sektor otomotif bisa terus dijaga.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 April 2021  |  12:12 WIB
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa industri otomotif nasional mulai bangkit setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

"Saya mendapatkan laporan dari Menteri Perindustrian [Agus Gumiwang Kartasasmita] ada kenaikan. Untuk purchase order-nya 190 persen. Artinya harus inden, artinya ini yang memproduksi kewalahan. Artinya industri otomotif sudah bangkit kembali," kata Jokowi dalam acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4/2021).

Selain itu, Jokowi mengatakan indikator kinerja manufaktur Purchasing Manager Index (PMI) Indonesia sudah melampaui tingkat kenormalan sebelum pandemi Covid-19.

“Dan juga saya tadi mendengar bahwa untuk yang PMI puchasing manager index itu kalau Markit [IHS Markit] sudah berada di angka 53. Kalau di Bank Indonesia sudah di angka 55, padahal sebelum pandemi, pada keadaan normal, angka kita di angka 51. Justru sudah melompat naik di atas kenormalan,” ujar Jokowi.

Walhasil, Kepala Negara berharap, tren pemulihan industri manufaktur di sektor otomotif bisa terus dijaga. Namun, dia mengingatkan agar hal itu harus dilakukan sejalan dengan peningkatan penanganan pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengimbau semua pihak terkait untuk mendukung penerapan pembatasan mobilitas penduduk secara ketat agar lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi.

“Banyak negara lain sudah turun, anjlok tingkat Covid-19. Tapi tidak bisa jaga, tidak waspada, tidak hati-hati, kemudian meloncat naik lagi. Ini yang kita jaga,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Presiden, penanganan kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren perbaikan yakni penambahan kasus harian hanya sebesar 4.000 - 6.000 kasus dari yang sebelumnya mencapai 13.000 - 15.000 kasus.

Selain itu, persentase kesembuhan nasional juga sudah mencapai 90,5 persen atau jauh di atas rerata dunia.

Adapun, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2021 diselenggarakan secara hybrid pada 15 – 25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dalam helatan ini akan ditampilkan produk dari sejumlah merk otomotif kenamaan seperti BMW, DFSK, Honda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Prestige Motorcars, Renault, Toyota, dan Wuling.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi otomotif industri otomotif
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top