Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belum Rilis, Duet Mobil Toyota-Daihatsu (Astra) Dapat Diskon PPnBM

Berdasarkan aturan yang telah terbit, Rocky telah lebih dahulu masuk dalam daftar penerima insentif PPnBm, meski belum dipasarkan di Indonesia.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 April 2021  |  11:50 WIB
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DAIHATSU
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DAIHATSU

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota dan Daihatsu pada tahun ini akan meramaikan pasar SUV kompak Tanah Air dengan menghadirkan Toyota Raize serta Daihatsu Rocky. Kedua mobil dipastikan menikmati insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menyatakan bahwa calon konsumen Toyota Raize di Indonesia tidak perlu khawatir karena mobil baru tersebut akan mendapatkan keringanan PPnBM.

“Tidak perlu khawatir ini sudah dipastikan [Raize] akan mendapatkan insentif dari pemerintah. Nanti kami luncurkan, tunggu saja,” ujarnya dalam Virtual Anniversary 50 Tahun Toyota Indonesia, baru-baru ini.

Toyota Raize merupakan salah satu produk baru Toyota yang telah mulai didistribusikan ke konsumen di Jepang sejak akhir 2019. Mulai saat itu, mobil yang diproduksi oleh Daihatsu tersebut gencar dikabarkan bakal meluncur di Indonesia.

Strategi produksi Raize dan Rocky meniru kesuksesan berbagi platform Toyota-Daihatsu yang telah dilakukan. Seperti diketahui, beberapa model kembar Toyota-Daihatsu yang sebelumnya sukses mendominasi pasar otomotif Indonesia adalah Avanza-Xenia, Rush-Terios, Calya-Sigra, dan Agya-Ayla.

Berdasarkan aturan yang telah terbit, Rocky telah lebih dahulu masuk dalam daftar penerima insentif PPnBm, meski belum dipasarkan di Indonesia.

Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan bahwa pemerintah mengumumkan daftar penerima relaksasi PPnBM hanya sekali dan tidak ada keterangan yang menyebut pabrikan dapat merevisi daftar model. 

Oleh karena itu, kata Amelia, ADM memutuskan untuk mendaftarkan Daihatsu Rocky meski produk tersebut belum diluncurkan pada waktu pengumuman insentif. Namun, dia memastikan model ini akan diperkenalkan di Tanah Air pada periode program PPnBM.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujarnya. 

Kehadiran duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diprediksi akan mengisi ceruk pasar SUV kompak. Pada saat ini, segmen tersebut dihuni oleh Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, Mitsubishi Eclipse Cross, dan Mazda CX-3. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil toyota daihatsu
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top