Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Baru Meluncur, Ini Alasan Honda City Hatchback RS Dapat Diskon PPnBM

Mengusung konsep "Elevate Your Move”, City Hatchback RS mewarisi keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 April 2021  |  13:10 WIB
Honda City Hacthback RS.  - Honda Prospect Motor
Honda City Hacthback RS. - Honda Prospect Motor

Bisnis.com, JAKARTA – Sebulan setelah diluncurkan di Indonesia, Honda City Hatchback RS langsung masuk ke dalam daftar penerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil berkapasitas 1.500 cc.

Hal tersebut lantas menjadi pertanyaan karena pengganti dari Honda Jazz sebelumnya tidak terdaftar dalam skema PPnBM fase pertama pada Maret 2021. Tetapi, pada bulan ini, nama City Hatchback masuk ke dalam daftar penerima PPnBM.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan City Hatchback RS yang baru meluncur pada 3 Maret ini telah mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100 persen.

“Aturan detail keluar tanggal 12 Februari, kami hitung dan ternyata City Hatchback memiliki local purchase 70 persen. Waktu itu belum diperkenalkan dan pengiriman April. Jadi kami belum mengumumkan harganya,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Billy menambahkan setelah aturan PPnBM resmi diumumkan, Honda segera mempelajari dan menghitung kandungan lokal dari City Hatchback RS. Pemerintah diketahui memberikan ambang batas local purchase 60 persen sebagai syarat penerima insentif PPnBM.

Dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) No. 839/2021, City Hatchback RS memiliki kandungan lokal sebesar 62 persen. “Jadi, kami lihat detail [aturan], kami pelajari, dan kami usulkan,” lanjutnya.

Dengan skema relaksasi itu, HPM menjual mobil berkubikasi mesin 1.500 cc dan transmisi 6 percepatan ini seharga Rp289 juta dan Rp299 juta untuk varian CVT. Harga ini berstatus on the road DKI Jakarta.

Mengusung konsep "Elevate Your Move”, City Hatchback RS mewarisi keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda.

Mobil ini memiliki fitur Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, hingga ULTRA Seat.

Di balik kap mesin, Honda City Hatchback RS dibekali transmisi CVT & 6 M/T yang didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Dapur pacu ini menghasilkan 121PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PPnBM honda city
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top