Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Jadi Tempat World Premiere Kia Sonet 7-Seater

Indonesia menjadi panggung pertama Kia Sonet 7-Seater tampil, atau biasa disebut world premiere.
Kia Sonet, SUV kompak Kia buatan India. /KIA
Kia Sonet, SUV kompak Kia buatan India. /KIA

Bisnis.com, JAKARTA — Kia Sonet 7-Seater akan hadir di Indonesia pada 8 April 2021. Peluncuran ini merupakan world premiere atau pertama kalinya diluncurkan di dunia.

SUV entry level ini kemungkinan besar memiliki dimensi yang sama dengan kakaknya, Kia Sonet 5-Seater yang sudah diluncurkan di Indonesia sejak November 2020. Hanya saja, pengaturan kursi akan berubah menjadi tiga baris. 

Kia Sonet 5-Seater, dari sisi hiburan, memiliki layar sentuh berukuran jumbo, yakni  10,25 inci, terpasang di tengah dashboard. Layar ini terintegrasi dengan beragam konektivitas seperti smartphone, navigasi, dan sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. 

Selain itu, mobil ini juga disematkan Bose premium 7-speaker system dengan sound mood light, yang bisa memanjakan telinga. Bose merupakan salah satu penyedia perangkat sistem audio papan atas di dunia.

Ada juga perangkat yang menjaga kabin Sonet tetap bersih berkat Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi virus protection. Fitur ini banyak dicari konsumen setelah pandemi Covid-19 mewabah hampir di seluruh dunia. 

Kia Sonet menjadi salah satu mobil entry level yang menggunakan sunroof. Seperti diketahui, electric sunroof masih berstatus 'barang mewah', karena biasanya merupakan fitur mobil dengan harga lebih dari Rp400 juta.

Kia Sonet dibekali mesin 1.5L Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT, Dual Fuel Injector sanggup menghasilkan daya 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 14,7 kgf-m pada 4.500 rpm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission).

Kia Sonet juga tampil dengan sporty dan agresif. Lampu utama LED yang terintegrasi dengan LED daytime running lights dan lampu sein di spion. Penampilannya semakin manis dengan LED Projector pada fog lamp dan lampu belakang yang juga menggunakan LED. Di kaki-kaki, ditopang ban dengan velg berukuran 16 inci alloy dua warna. 

Transmisi ini memiliki 6 drive mode, dan 8 speed virtual gear (manual mode). Kia mengklaim trasmisi ini memiliki rasio chain pulley lebih lebar dari kompetitor yang menghasilkan tenaga lebih besar di rpm rendah. Kia juga mengklaim konsumsi bahan bakar lebih efisien di rpm tinggi.

Menurut Kia, ketika menginjak pedal gas lebih dari 40 persen saat posisi tuas transmisi ‘D’, akan terasa perpindahan gigi layaknya transmisi AT konvensional sehingga berkendara di kecepatan tinggi terasa lebih menyenangkan.

Adapun generasi sebelumnya, Kia Sonet 5-seater merupakan SUV yang didatangkan secara utuh (Completely built up/CBU) dari India. Model ini dijual dengan harga mulai dari Rp193 jutaan hingga Rp289 jutaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper