Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daihatsu Rocky Bakal Pakai CVT, Apa Bedanya dengan Mobil Lain?

CVT merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced dibandingkan transmisi otomatis (A/T) konvensional. Meski sama-sama bertransmisi otomatis, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  18:36 WIB
Daihatsu Rocky Bakal Pakai CVT, Apa Bedanya dengan Mobil Lain?
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DAIHATSU
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan fitur serta teknologi dari Daihatsu Rocky, yang rencananya akan hadir di Indonesia pada tahun ini.

Dalam keterangan resminya, Rabu (17/3/2021), perusahaan mengungkap sistem Continuously Variable Transmission atau CVT. Sejauh ini, belum ada mobil Daihatsu di Indonesia yang menggunakan transmisi tersebut. Namun, di negeri asalnya Jepang, sejumlah model sudah dibekali CVT, salah satunya Rocky.

CVT merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced dibandingkan transmisi otomatis (A/T) konvensional. Meski sama-sama bertransmisi otomatis, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT.

"Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi," mengutip keterangan resmi Daihatsu, Rabu (17/3/2021).

Komponen pada CVT tersebut diklaim mampu melakukan perubahan rasio gigi yang menyesuaikan dengan putaran mesin, sehingga memberikan sensasi berkendara lebih halus saat perpindahan kecepatan.

Pada teknologi itu, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi. Hasilnya, transmisi tersebut memungkinkan adanya akselerasi mulus pada kecepatan rendah, serta hemat bahan bakar pada kecepatan tinggi.

Di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT ini. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Khusus Daihatsu Rocky, yang diluncurkan pada November 2019 di Jepang, sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT.

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Daihatsu mengklaim bahwa hal itu merupakan teknologi pertama di dunia, yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif daihatsu Daihatsu Rocky
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top