Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rahasia Wuling jadi Raja Mobil Listrik di China

Harga yang ditawarkan Wuling berbanding jauh dengan Tesla Model 3 yang diproduksi di, China. Harga Tesla Model 3 diketahui mencapai US$39.000 atau setara Rp560 jutaan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  18:53 WIB
Wuling Hong Guang Mini EV.  - Wuling
Wuling Hong Guang Mini EV. - Wuling

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil mungil buatan China, Wuling Hong Guang Mini EV ditahbiskan menjadi mobil penumpang listrik terlaris di China periode Januari – Februari 2021, mengalahkan Tesla Model 3.

Kehadiran Hong Guang Mini menjadi mobil listrik terlaris di China tentu bukan tanpa sebab. Mengutip BBC, varian paling rendah mobil ini memiliki harga jual US$4.500 atau setara Rp65 juta. Sementara itu untuk varian dengan pendingin udara (AC) dibanderol US$5.000 atau sekitar Rp72 juta.

Harga yang ditawarkan Wuling berbanding jauh dengan Tesla Model 3 yang diproduksi di, China. Harga Tesla Model 3 diketahui mencapai US$39.000 atau setara Rp560 jutaan.

Direktur Pelaksana Grup Riset Pasar China, Shaun Rein, mengatakan bahwa mobil besutan SAIC Motor dan General Motors (GM) itu terbukti sukses dalam menghadirkan kendaraan listrik untuk mobilitas masyarakat di sana.

“Pemerintah China serius tentang pengurangan polusi dan menjadi pemimpin global dalam mengadopsi serta mempromosikan inovasi kendaraan listrik,” tuturnya.

Sementara itu, sejumlah pengamat otomotif lainnya mengatakan bahwa meski Hong Guang Mini tertinggal jauh di belakang Tesla dalam hal baterai, jangkauan, dan kinerja, tetapi kenyamanan serta harga murah telah menjadikannya mobil terlaris di China.

“EV sangat murah ini menjangkau pelanggan baru di China, karena kemungkinan besar akan terjadi di pasar lain karena harga turun,” kata analis BloombergNEF, Siyi Mi.

Menurut Siyi Mi, harga mobil listrik di China akan menyamai mobil-mobil konvensional dalam empat atau enam tahun ke depan. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan pasar mobil listrik di China sudah berada di jalur yang tepat.

Berdasarkan data Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA), melalui moneyball, penjualan Hong Guan Mini tercatat mencapai 43.085 unit sepanjang Januari–Februari 2021. Pada periode yang sama, Tesla Model 3 terjual 27.531 unit.

Sejak awal tahun ini, Hong Guang Mini mampu menunjukkan dominasinya di pasar China. Mobil buatan negeri tirai bambu ini mencatatkan 25.778 unit penjualan pada Januari 2021, sementara Tesla Model 3 meraup 13.843 unit penjualan.

Adapun, pada Februari, Hong Guan kembali menjadi mobil listrik terlaris dengan capaian penjualan sebanyak 17.307 unit, sedangkan Tesla Model 3 melego 13.688 unit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Tesla Motors Wuling Motors
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top