Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Honda Legend Hybrid EX Punya Otomasi Level 3, Apa Itu?

Mobil otonom level 3 mampu mengandalkan sensor-sensor untuk membaca kondisi lingkungan tanpa bantuan manusia.
All New Honda Legend Hybrid EX. /Honda
All New Honda Legend Hybrid EX. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA – All New Honda Legend Hybrid EX kini dilengkapi fungsi Traffic Jam Pilot, yang memenuhi syarat untuk berkendara secara mandiri tanpa intervensi pengemudi atau disebut sistem otomasi level 3.

Mobil otonom level 3 mampu mengandalkan sensor-sensor untuk membaca kondisi lingkungan tanpa bantuan manusia. Namun, sopir tetap perlu berada di balik kemudi untuk mengambil alih kendali apabila dibutuhkan.

Teknologi Traffic Jam Pilot, yang mendapatkan penunjukan dari Kementerian Pertanahan Jepang, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT), memiliki kemampuan otomatis ketika kendaraan berada dalam kemacetan lalu lintas di jalan tol.

“Teknologi ini memungkinkan sistem mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi sambil memantau lingkungan kendaraan,” tulis keterangan resmi Honda, Selasa (9/3/2021).

Untuk kontrol kendaraan, sistem menentukan posisi kendaraan dan kondisi jalan menggunakan peta berdefinisi tiga dimensi dan sistem satelit navigasi global (GNSS). Kemampuan mendeteksi lingkungan didapatkan lewat sensor eksternal 360 derajat.

Sementara itu, teknologi Hands-off Function, atau saat adaptive cruise control (ACC) dengan low-speed follow dan lane keeping assist system (LKAS) diaktifkan, akan membantu pengoperasian mengemudi bahkan saat pengemudi melepaskan tangan dari roda kemudi.

Selain teknologi otomasi level 3, All New Honda Legend kini juga dilengkapi Honda Sensing dengan beberapa penambahan fitur baru. Bernama Honda Sensing Elite, fitur baru pada sistem keamanan Honda ini dirancang terintegrasi dengan infrastruktur transportasi yang ada di Jepang untuk semakin meningkatkan keamanan dan pengalaman berkendara.

All New Honda Legend Hybrid EX Punya Otomasi Level 3, Apa Itu?

Teknologi Honda Sensing.

Teknologi lainnya adalah Human Machine Interface (HMI). Fitur ini memungkinkan pengemudi secara instan mengenali status operasi sistem, situasi mengemudi dan permintaan serah terima yang dikeluarkan oleh sistem.

Adapun, bagian eksterior All New Legend mencakup lampu aksesori biru dan roda aluminium khusus. Sejumlah sensor disematkan untuk membuatnya kurang terlihat sehingga kemewahan dan penampilan megah yang sesuai dengan sedan.

Bagian interior terasa eksklusif untuk model ini termasuk lampu indikator Honda Sensing Elite yang menampilkan posisi, ukuran, warna, kecerahan, dan detail lainnya yang dipilih dengan cermat, serta pengukur grafis LCD 12,3 inci.

Peralatan tersebut diadopsi dengan pertimbangan agar pengemudi dapat secara intuitif memahami status pengoperasian sistem, situasi mengemudi, dan permintaan untuk pengalihan kendali kembali kepada pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper