Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isuzu dan Transtron Bangun Platform Data Kendaraan Komersial

Isuzu Motors, Transtron, dan Fujitsu memulai kolaborasi pengembangan platform penghubung data kendaraan komersial, guna menyediakan sistem manajemen armada yang canggih dan layanan dukungan tepat waktu.
Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan./Transtron
Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan./Transtron

Bisnis.com, JAKARTA - Isuzu Motors, Transtron, dan Fujitsu memulai kolaborasi pengembangan platform penghubung data kendaraan komersial, guna menyediakan sistem manajemen armada yang canggih dan layanan dukungan tepat waktu.

Platform ini memungkinkan mengumpulkan dan mengintegrasikan data, termasuk dari 500.000 kendaraan komersial, dari jarak jauh oleh Isuzu dan Transtron.

Dengan platform baru ini, tiga perusahaan menargetkan efek sinergi keahlian Isuzu dalam penggunaan data kendaraan melalui Preism, Mimamori, sistem pendukung operasi berbasis cloud Transtron dan Teknologi DX Fujitsu untuk layanan cloud, dan layanan terhubung.

Preism adalah program perawatan tingkat lanjut, adapun Mimamori adalah telematika untuk kendaraan komersial.

"Melalui hal ini, perusahaan akan menjawab berbagai tantangan yang dihadapi industri transportasi saat ini dan berupaya menawarkan layanan baru pada 2022," kata Masanori Katayama, Presiden dan Direktur Perwakilan Isuzu Motors Limited, Sabtu (20/2/2021).

Isuzu adalah salah satu yang pertama mengembangkan teknologi terhubung untuk kendaraan komersial dan mulai menawarkan layanan on-line Mimamori, telematika untuk kendaraan komersial, pada awal 2004.

Pada 2015, terminal komunikasi informasi dibangun sebagai fitur standar pada truk berat GIGA, dan Isuzu meluncurkan Preism, yakni program perawatan asli tingkat lanjut yang diaktifkan oleh data kendaraan pada saat yang bersamaan.

Setelah Giga, terminal informasi ditambahkan ke truk ringan ELF dan truk tugas menengah Forward masing-masing pada 2018 dan 2019.

Saat ini, Isuzu menyediakan berbagai layanan menggunakan data yang dikumpulkan dari jarak jauh dari 300.000 truk yang terhubung.

Dengan bantuan sistem layanan cloud Fujitsu Hybrid IT Service FJcloud, Transtron menawarkan layanan dukungan armada menggunakan terminal dalam kendaraan yang terhubung ke jaringan. Ini memungkinkan untuk menyelesaikan log operasi harian menggunakan data yang direkam dan menampilkan video real-time yang diambil oleh perekam mengemudi dari mana saja.

Isuzu dan Transtron Bangun Platform Data Kendaraan Komersial

Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan.

Fujitsu menyediakan berbagai teknologi inovatif seperti jaringan komunikasi berpemilik, teknologi cloud, dan analisis data. Perusahaan tidak hanya menawarkan solusi digital tetapi juga menggunakan data untuk memberikan penilaian bagi bisnis dalam rantai pasokan dan masyarakat luas.

Selain menyediakan sistem manajemen armada, ketiga perusahaan tersebut akan menyediakan sistem yang efisien dengan mengintegrasikan data dari sistem inti yang dikembangkan oleh pemilik kargo, operator armada, hingga gudang pemilik, seperti untuk mengatasi berbagai tantangan industri transportasi.

Selain itu, melalui integrasi platform informasi di luar industri, perusahaan akan menciptakan solusi baru. Sebagai platform data untuk kendaraan komersial, tidak hanya menyediakan kerangka kerja untuk EMS (energy management system) yang penting untuk beradaptasi dengan perkiraan peningkatan kendaraan listrik, tetapi juga bertindak sebagai database yang membantu mewujudkan karbon netral, atau masyarakat dekarbonisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper