Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Isuzu dan Transtron Bangun Platform Data Kendaraan Komersial

Isuzu Motors, Transtron, dan Fujitsu memulai kolaborasi pengembangan platform penghubung data kendaraan komersial, guna menyediakan sistem manajemen armada yang canggih dan layanan dukungan tepat waktu.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  20:18 WIB
Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan. - Transtron
Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan. - Transtron

Bisnis.com, JAKARTA - Isuzu Motors, Transtron, dan Fujitsu memulai kolaborasi pengembangan platform penghubung data kendaraan komersial, guna menyediakan sistem manajemen armada yang canggih dan layanan dukungan tepat waktu.

Platform ini memungkinkan mengumpulkan dan mengintegrasikan data, termasuk dari 500.000 kendaraan komersial, dari jarak jauh oleh Isuzu dan Transtron.

Dengan platform baru ini, tiga perusahaan menargetkan efek sinergi keahlian Isuzu dalam penggunaan data kendaraan melalui Preism, Mimamori, sistem pendukung operasi berbasis cloud Transtron dan Teknologi DX Fujitsu untuk layanan cloud, dan layanan terhubung.

Preism adalah program perawatan tingkat lanjut, adapun Mimamori adalah telematika untuk kendaraan komersial.

"Melalui hal ini, perusahaan akan menjawab berbagai tantangan yang dihadapi industri transportasi saat ini dan berupaya menawarkan layanan baru pada 2022," kata Masanori Katayama, Presiden dan Direktur Perwakilan Isuzu Motors Limited, Sabtu (20/2/2021).

Isuzu adalah salah satu yang pertama mengembangkan teknologi terhubung untuk kendaraan komersial dan mulai menawarkan layanan on-line Mimamori, telematika untuk kendaraan komersial, pada awal 2004.

Pada 2015, terminal komunikasi informasi dibangun sebagai fitur standar pada truk berat GIGA, dan Isuzu meluncurkan Preism, yakni program perawatan asli tingkat lanjut yang diaktifkan oleh data kendaraan pada saat yang bersamaan.

Setelah Giga, terminal informasi ditambahkan ke truk ringan ELF dan truk tugas menengah Forward masing-masing pada 2018 dan 2019.

Saat ini, Isuzu menyediakan berbagai layanan menggunakan data yang dikumpulkan dari jarak jauh dari 300.000 truk yang terhubung.

Dengan bantuan sistem layanan cloud Fujitsu Hybrid IT Service FJcloud, Transtron menawarkan layanan dukungan armada menggunakan terminal dalam kendaraan yang terhubung ke jaringan. Ini memungkinkan untuk menyelesaikan log operasi harian menggunakan data yang direkam dan menampilkan video real-time yang diambil oleh perekam mengemudi dari mana saja.

Transtron saat ini membantu operator truk dan bus komersial untuk memantau sekitar 200.000 kendaraan.

Fujitsu menyediakan berbagai teknologi inovatif seperti jaringan komunikasi berpemilik, teknologi cloud, dan analisis data. Perusahaan tidak hanya menawarkan solusi digital tetapi juga menggunakan data untuk memberikan penilaian bagi bisnis dalam rantai pasokan dan masyarakat luas.

Selain menyediakan sistem manajemen armada, ketiga perusahaan tersebut akan menyediakan sistem yang efisien dengan mengintegrasikan data dari sistem inti yang dikembangkan oleh pemilik kargo, operator armada, hingga gudang pemilik, seperti untuk mengatasi berbagai tantangan industri transportasi.

Selain itu, melalui integrasi platform informasi di luar industri, perusahaan akan menciptakan solusi baru. Sebagai platform data untuk kendaraan komersial, tidak hanya menyediakan kerangka kerja untuk EMS (energy management system) yang penting untuk beradaptasi dengan perkiraan peningkatan kendaraan listrik, tetapi juga bertindak sebagai database yang membantu mewujudkan karbon netral, atau masyarakat dekarbonisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud isuzu Isuzu Mimamori
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top