Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPnBM 0 Persen, Ini Perkiraan Harga Mobil Toyota Rush Terbaru

Salah satu mobil yang mendapat insentif PPnBM 0 persen dan DP 0 rupiah, yaitu Toyota Rush. Cek perkiraan harga mobil Toyota Rush terbaru.
Toyota Rush. /Toyota
Toyota Rush. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menetapkan dua kebijakan untuk mendongkrak sektor otomotif, yaitu pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM 0 persen dan relaksasi DP 0 rupiah mulai 1 Maret 2021.

Dua insentif untuk industri otomotif tersebut diharapkan membuat harga mobil lebih murah sehingga dapat memacu konsumen untuk membeli kendaraan baru.

Mobil yang masuk dalam daftar adalah kendaraan penumpang 4x2 berkubikasi mesin 1.500cc, termasuk sedan yang diproduksi di dalam negeri atau memiliki komponen lokal di atas 70 persen. Mengacu pada kriteria tersebut, salah satu mobil yang mendapat insentif PPnBM 0 persen dan DP 0 rupiah, yaitu segmen low sport utility vehicle atau LSUV. Toyota Rush merupakan salah satu tipe LSUV yang populer di Indonesia.

Sebagai contoh, harga Toyota Rush baru saat ini memiliki harga mulai dari Rp257,7 juta hingga Rp279,1 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Artinya, tanpa PPnBM, harga mobil terlaris Toyota ini bisa turun hingga kisaran Rp231 juta sampai dengan Rp251 juta.

Namun, ini baru hitungan kasar untuk memudahkan konsumen membandingkan harga tanpa PPnBM. Pasalnya, mobil baru yang ditawarkan ke konsumen sudah dibebani pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berbeda-beda tergantung pajak daerah.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah memberikan insentif pajak kepada mobil penumpang 4x2, termasuk sedan, berkubikasi mesin kurang dari 1.500cc dan diproduksi di dalam negeri hingga November 2021.

Pada Maret-Mei pembelian mobil baru tidak akan dikenakan PPnBM atau PPnBM 0 persen. Selanjutnya, pada Juni-Agustus pemerintah akan menanggung 50 persen PPnBM dan September-November PPnBM mobil baru akan mendapatkan diskon 25 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper