Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Ramaikan Industri Otomotif, CEO Volkswagen Tak Khawatir

CEO Volkswagen Herbert Diess menilai bahwa rencana Apple untuk memasuki industri otomotif merupakan langkah yang sangat logis.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 14 Februari 2021  |  23:51 WIB
Logo Volkswagen.  - Volkswagen
Logo Volkswagen. - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA — Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen, mengaku tidak memiliki kekhawatiran atas rencana Apple untuk memasuki industri otomotif.

Dilansir Bloomberg, CEO Volkswagen Herbert Diess menilai bahwa rencana Apple untuk memasuki industri otomotif merupakan langkah yang sangat logis. Menurutnya, produsen iPhone itu dapat memaksimalkan seluruh sumber dayanya di industri otomotif.

Dia menjabarkan bahwa Apple dapat menggabungkan keahlian dan sumber daya yang sangat besar dalam perangkat lunak (software), baterai, dan desain. Meskipun begitu, Diess menyatakan bahwa otomotif tetap memiliki perbedaan dari industri yang selama ini Apple geluti.

“Meski begitu, kami tidak takut. [Apple] tidak akan berhasil mengambil alihnya [industri otomotif] dalam semalam” ujar Diess dalam wawancara dengan Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung yang dilansir dari Bloomberg, Minggu (14/2/2021).

Seperti diketahui, raksasa teknologi dari Amerika Serikat dan Asia terus mengembangkan terobosan ke dalam industri otomotif, seiring perkembangan bertahap mobil menjadi kendaraan dengan kemudi otomatis.

Apple akan meramaikan industri otomotif dengan menyiapkan kendaraan otonom yang dapat melaju dengan aman tanpa sopir. Dalam sebuah laporan Departemen Kendaraan Bermotor California, Amerika Serikat armada prototipe otonom Apple telah melaju 18.805 mil atau setara 30.263 km di negara bagian itu pada 2020.

Sepanjang tahun lalu, Apple melaporkan 130 pelepasan sistem otonom di mana pengemudi manusia harus mengendalikan kendaraan, atau rata-rata setiap 145 mil (233 km). Ini merupakan peningkatan dari 64 pelepasan pada tahun 2019, atau satu setiap 118 mil (189 km).

Selain proyek mobil otonom, Apple memang sempat gencar menyampaikan rencana mereka untuk masuk ke industri otomotif melalui produksi massal mobil listrik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif apple volkswagen

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top