Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Spesifikasi Ferrari F12 Berlinetta, Mobil Sitaan Kasus Asabri

Ferrari F12 Berlinetta memulai debutnya pada pameran internasional Geneva Motor Show 2012.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 11 Februari 2021  |  16:34 WIB
Ferrari F12 Berlinetta. - Istimewa
Ferrari F12 Berlinetta. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung telah menyita aset milik salah satu tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), yakni Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk. Heru Hidayat.

Penyidik Kejagung menyita 20 unit kapal tanker di sejumlah lokasi. Satu unit kapal LNG Aquarius atas nama PT Hanochem Shipping, sembilan kapal tongkang dan 10 unit tug boat.

Selain itu, Aset Heru berupa mobil mewah merk Ferrari F12 Berlinetta juga disita petugas. Kendaraan tersebut berkisar Rp7,5 miliar—Rp13,5 miliar. Seluruh aset tersangka disebut dalam rangka pengembalian kerugian negara dalam kasus Asabri.

“Telah disita satu unit mobil Ferrari dengan nomor polisi B 15 TRM beserta STNK, BPKB dan tanda bukti pelunasan terkait kasus korupsi PT Asabri,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Rabu (10/2/2021).

Ferrari F12 Berlinetta memulai debutnya pada pameran internasional Geneva Motor Show 2012. Saat itu, Berlinetta adalah Ferrari tercepat yang pernah dibuat oleh perusahaan. Majalah Top Gear bahkan memilih mobil ini sebagai supercar terbaik tahun 2012.

Tenaga Berlinetta berasal dari V-12 6,3 liter bertenaga 730 hp, berpadu dengan kopling ganda otomatis 7 kecepatan dengan penggerak roda belakang. Dengan semua kekuatan itu, F12 Berlinetta adalah salah satu mobil Ferrari yang nyaman untuk dikemudikan sehari-hari.

Mesin tersebut mampu berputar hingga 8.700 rpm dan memiliki tenaga spesifik perpindahan 118 hp per liter. Ini mengembangkan 80 persen torsi maksimum pada 2.500 rpm, dan nilai torsi maksimum 690 Nm pada 6.000 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi F1 7 kecepatan, yang memiliki rasio gigi pendek dan perpindahan gigi melalui dua cengkeraman. Dua cengkeraman memastikan transisi yang mulus antar gigi tanpa kehilangan tenaga.

Transmisinya sendiri mendapat banyak pujian dari konsumen. Konsumsi bahan bakar berkurang 30 dibandingkan dengan 599 GT, menjadi rata-rata 15,0 liter per 100 kilometer.

Berlinetta memiliki panjang 4,62 meter, tinggi 1,27 meter dan lebar 1,94 meter. Dengan kap mesin yang panjang dan bagian belakang yang pendek dan berotot, mobil ini mengekspresikan tenaga dengan jelas.

Ferrari F12 Berlinetta, yang sudah bisa disebut sebagai mobil klasik masa depan, diciptakan dari hasil kerja sama Pininfarina Studio dan pusat desain Ferrari. Tubuhnya dicat dengan lapisan warna merah baru yang disebut 'Rosso Berlinetta'.

Interior Ferrari F12 Berlinetta juga menjalin elemen yang terinspirasi dari balapan dan estetika Italia dengan kecintaan pada detail. Kursi bergaris berbeda, tetapi telah dilapisi dengan kulit terbaik lagi di Poltrona Frau.

Elemen penting yang diperlukan untuk mengoperasikan Ferrari F12 Berlinetta dipasang pada atau di sekitar roda kemudi, yang harus memastikan kontak langsung dengan mobil dan ergonomi maksimum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asabri ferrari
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top