Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunakan Niro EV, Kia Motor Garap Pasar Pengiriman di Singapura

Kia Corporation telah mulai meletakkan dasar bagi bisnis purpose built vehicle (PBV), bermitra dengan perusahaan rintisan cold chain S.lab Asia Inc. untuk masuk pasar pengiriman di Singapura.
Kia berusaha untuk memimpin pasar PBV global dengan menjalin berbagai kemitraan melalui proses inovasi terbuka. KIA
Kia berusaha untuk memimpin pasar PBV global dengan menjalin berbagai kemitraan melalui proses inovasi terbuka. KIA

Bisnis.com, JAKARTA - Kia Corporation telah mulai meletakkan dasar bagi bisnis purpose built vehicle (PBV), bermitra dengan perusahaan rintisan cold chain S.lab Asia Inc. untuk masuk pasar pengiriman di Singapura.

Pada 28 Januari, kedua perusahaan telah menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan untuk meluncurkan proyek percontohan di Singapura menggunakan Niro EV dan mengevaluasi potensi model bisnis berbasis PBV di masa depan.

Model Niro EV yang dioptimalkan dan dimodifikasi untuk layanan logistik jarak jauh akan digunakan di pusat kota Singapura, dalam proses menanggapi kebutuhan pasar e-niaga yang berkembang pesat. Selain itu, model strategis juga akan membantu memperkuat kapabilitas PBV dan operasional layanan kedua mitra.

“Melalui perjanjian ini, Kia akan meninggalkan citra dirinya yang kuat sebagai mitra kolaboratif yang memberikan nilai baru bagi perusahaan layanan mobilitas global,” kata DongSoo Ahn, Vice President dan Head of PBV Business Group di Kia Corporation, Selasa (2/2/2021).

Kia akan berusaha keras untuk memimpin pasar PBV global dengan menjalin kemitraan dengan berbagai operator tidak hanya melalui layanan pengiriman jarak jauh tetapi juga berbagai kolaborasi inovasi terbuka.

Kendaraan yang dibuat khusus, pengembangan yang membentuk inti dari strategi bisnis jangka menengah hingga jangka panjang Kia, yang dikenal sebagai Plan S, adalah kendaraan yang dirancang untuk aplikasi tertentu, seperti pengiriman jarak jauh, angkutan otonom, dan sopir-kendaraan mewah yang dikendarai.

Dalam hal usaha percontohan PBV Kia, layanan pengiriman last-mile mengacu pada tahap terakhir pengiriman produk dari pusat gudang ke pelanggan, dengan fokus pada memaksimalkan kualitas pengiriman dan diferensiasi layanan.

S.lab Asia adalah startup yang memproduksi box khusus untuk pengiriman produk segar rantai dingin dan menawarkan layanan pengiriman tingkat lanjut. Saat ini sedang membangun jaringan logistik yang akan menjual dan mendistribusikan produk segar ke Korea dan Asia Tenggara.

Karena PBV generasi mendatang Kia sedang menjalani pengembangan dan optimalisasi produk akhir, Kia bekerja sama dengan S.lab Asia, akan menggunakan Niro EV dengan interior yang dimodifikasi untuk kemudahan bongkar muat dan unggah box S.lab Asia dengan pemuatan maksimal ruang.

Operasi akan dimulai di Singapura pada paruh pertama tahun ini. Kia akan menilai dan memajukan model bisnis PBV-nya, termasuk aspek produk dan layanan, dengan menerapkan pembelajaran dunia nyata dari penggunaan Niro EV yang dimodifikasi di Singapura.

Gunakan Niro EV, Kia Motor Garap Pasar Pengiriman di Singapura

Melalui skema perintis, Kia akan mendapatkan kompetensi dan pengalaman proyek PBV, termasuk mengembangkan PBV berbasis EV yang dioptimalkan untuk pengiriman jarak jauh, memajukan platform Car as a Service (CaaS) untuk armada dan kebutuhan leasing, membangun ekosistem pengisian daya listrik, dan membuat struktur layanan manajemen armada kendaraan listrik.

Kia telah memilih Singapura sebagai lokasi optimal untuk proyek PBV, memanfaatkan infrastruktur kelas dunia negara kota, ekonomi yang dinamis, dan e-commerce yang berkembang pesat.

Hal penting dalam keputusan Kia adalah rencana Singapura untuk secara bertahap menghentikan transportasi mesin pembakaran internal pada 2040 melalui serangkaian kebijakan mobilitas ramah lingkungan yang berwawasan ke depan, termasuk meningkatkan subsidi untuk kendaraan listrik.

Agar berhasil melaksanakan proyek, Kia berencana untuk membangun kerangka kerja kolaboratif dengan mitra utama di bidang ini, termasuk Pusat Inovasi Grup Motor Hyundai di Singapura; SP Group, perusahaan pengisian daya listrik terbesar di Singapura; dan dealer resmi Kia, Cycle & Carriage.

Kia juga akan bekerja sama dengan S.lab Asia untuk lebih mengembangkan dan mengoptimalkan model bisnis PBV untuk pasar Korea, dan memperluas layanan serupa ke negara tersebut pada paruh pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper