Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Jadi Merek Otomotif Terlaris 2020, Volkswagen Minggir Dulu

Toyota Motor Corporation mengambil alih takhta produsen otomotif terlaris sepanjang 2020, yang selama lima tahun terakhir dipegang oleh Volkswagen AG.
Toyota RAV4 Hybrid Black Edition. Pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020.  /TOYOTA
Toyota RAV4 Hybrid Black Edition. Pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020. /TOYOTA

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corporation mengambil alih takhta produsen otomotif terlaris sepanjang 2020, yang selama lima tahun terakhir dipegang oleh Volkswagen AG.

Mengutip laman resmi Toyota, Kamis (28/1/2021), penjualan grup Toyota meliputi Daihatsu Motor Co dan Hino Motors Ltd di seluruh dunia mencapai 9,528 juta unit sepanjang 2020. Adapun grup Volkswagen atau VW membukukan 9,305 juta unit kendaraan.

Kemenangan Toyota dalam persaingan otomotif global datang dari periode yang berdarah-darah akibat Covid-19. Dalam keterangan resminya, kinerja penjualan grup Toyota secara global turun sebesar 11,3 persen dibandingkan 2019.

Juru bicara Toyota Chisato Yoshifuji, mengatakan bahwa tahun lalu merupakan periode yang berat bagi industri otomotif global. Namun, Toyota dinilai mampu menerapkan langkah menyeluruh guna memerangi dampak dari penyebaran virus.

“Kami dapat melanjutkan aktivitas perusahaan dan mempertahankan penurunan tahunan pada tingkat seperti itu,” ujar Chisato.

Sementara itu, dalam keterangan resmi VW, total penjualan grup pada tahun 2020 turun hingga 15,2 persen dari 2019 karena tekanan yang ditimbulkan oleh virus Corona.

“Pandemi Covid-19 membuat tahun 2020 menjadi tahun yang sangat menantang,” kata Christian Dahlheim, Kepala Penjualan Grup Volkswagen.

Dahlheim menambahkan bahwa grup VW siap mengambil langkah besar ke depannya untuk mewujudkan strategi perusahaan menuju 2025. Dia juga mengatakan VW akan menambah lebih banyak kendaraan listrik pada tahun ini.

Sementara itu, pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020. Perusahaan mencatat bahwa model tersebut membukukan penjualan 994.000 unit secara global, naik 2,9 persen secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper