Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Jadi Merek Otomotif Terlaris 2020, Volkswagen Minggir Dulu

Toyota Motor Corporation mengambil alih takhta produsen otomotif terlaris sepanjang 2020, yang selama lima tahun terakhir dipegang oleh Volkswagen AG.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  17:48 WIB
Toyota RAV4 Hybrid Black Edition. Pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020.   - TOYOTA
Toyota RAV4 Hybrid Black Edition. Pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020. - TOYOTA

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corporation mengambil alih takhta produsen otomotif terlaris sepanjang 2020, yang selama lima tahun terakhir dipegang oleh Volkswagen AG.

Mengutip laman resmi Toyota, Kamis (28/1/2021), penjualan grup Toyota meliputi Daihatsu Motor Co dan Hino Motors Ltd di seluruh dunia mencapai 9,528 juta unit sepanjang 2020. Adapun grup Volkswagen atau VW membukukan 9,305 juta unit kendaraan.

Kemenangan Toyota dalam persaingan otomotif global datang dari periode yang berdarah-darah akibat Covid-19. Dalam keterangan resminya, kinerja penjualan grup Toyota secara global turun sebesar 11,3 persen dibandingkan 2019.

Juru bicara Toyota Chisato Yoshifuji, mengatakan bahwa tahun lalu merupakan periode yang berat bagi industri otomotif global. Namun, Toyota dinilai mampu menerapkan langkah menyeluruh guna memerangi dampak dari penyebaran virus.

“Kami dapat melanjutkan aktivitas perusahaan dan mempertahankan penurunan tahunan pada tingkat seperti itu,” ujar Chisato.

Sementara itu, dalam keterangan resmi VW, total penjualan grup pada tahun 2020 turun hingga 15,2 persen dari 2019 karena tekanan yang ditimbulkan oleh virus Corona.

“Pandemi Covid-19 membuat tahun 2020 menjadi tahun yang sangat menantang,” kata Christian Dahlheim, Kepala Penjualan Grup Volkswagen.

Dahlheim menambahkan bahwa grup VW siap mengambil langkah besar ke depannya untuk mewujudkan strategi perusahaan menuju 2025. Dia juga mengatakan VW akan menambah lebih banyak kendaraan listrik pada tahun ini.

Sementara itu, pencapaian baru dari Toyota ini ditopang oleh RAV4 yang menjadi mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020. Perusahaan mencatat bahwa model tersebut membukukan penjualan 994.000 unit secara global, naik 2,9 persen secara tahunan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota volkswagen Mobil Terlaris
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top