Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Langkah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Penggunaan jok mobil berlapis bahan kulit bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan tampilan interior mobil, tetapi perawatannya juga tak mudah.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  15:26 WIB
Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit.  - suzuki
Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit. - suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan jok mobil berlapis bahan kulit bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan tampilan interior mobil, tetapi perawatannya juga tak mudah.

Umumnya, perawatan jok mobil perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Namun, perlu kehati-hatian agar tidak membuat jok rusak atau mengelupas.

Setiap bahan jok memiliki sifatnya masing-masing, sehingga cara merawatnya juga berbeda. Secara umum, pemilik mobil menggunakan bahan kulit, semi kulit, nilon, dan vinil untuk melapisi jok mobil.

Jok kulit lebih banyak dipilih konsumen karena dianggap menghadirkan kesan elegan dan premium di dalam kabin. Untuk itu, menurut laman resmi Suzuki, berikut cara merawatnya:

1. Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta.

Kenapa pembersih berbentuk pasta? karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar. Selain itu, pilih pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit tidak pecah-pecah.

2. Hindari Penggunaan Kain Kasar

Ketika mengaplikasikan cairan pembersih hindari penggunaan kain kasar karena bisa mengabrasi kulit. Agar lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan.

Saat ini sudah tersedia produk leather coating di pasaran, tapi baru untuk kulit baru atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

3. Jangan Parkir di Tempat Terbuka

Jangan diparkir di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung karena pengaruh panas dari sinar matahari bisa membuat jok kulit menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah.

4. Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit

Hindari meletakkan brosur atau kertas di atas jok kulit karena jika brosur atau kertas itu basah, tulisan yang ada di brosur atau kertas tersebut pindah dan tercetak di jok kulit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Desain Interior Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top