Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Langkah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Penggunaan jok mobil berlapis bahan kulit bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan tampilan interior mobil, tetapi perawatannya juga tak mudah.
Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit. /suzuki
Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit. /suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan jok mobil berlapis bahan kulit bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan tampilan interior mobil, tetapi perawatannya juga tak mudah.

Umumnya, perawatan jok mobil perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Namun, perlu kehati-hatian agar tidak membuat jok rusak atau mengelupas.

Setiap bahan jok memiliki sifatnya masing-masing, sehingga cara merawatnya juga berbeda. Secara umum, pemilik mobil menggunakan bahan kulit, semi kulit, nilon, dan vinil untuk melapisi jok mobil.

Jok kulit lebih banyak dipilih konsumen karena dianggap menghadirkan kesan elegan dan premium di dalam kabin. Untuk itu, menurut laman resmi Suzuki, berikut cara merawatnya:

1. Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta.

Kenapa pembersih berbentuk pasta? karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar. Selain itu, pilih pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit tidak pecah-pecah.

2. Hindari Penggunaan Kain Kasar

Ketika mengaplikasikan cairan pembersih hindari penggunaan kain kasar karena bisa mengabrasi kulit. Agar lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan.

Saat ini sudah tersedia produk leather coating di pasaran, tapi baru untuk kulit baru atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

3. Jangan Parkir di Tempat Terbuka

Jangan diparkir di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung karena pengaruh panas dari sinar matahari bisa membuat jok kulit menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah.

4. Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit

Hindari meletakkan brosur atau kertas di atas jok kulit karena jika brosur atau kertas itu basah, tulisan yang ada di brosur atau kertas tersebut pindah dan tercetak di jok kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper