Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Motor Skutik Terasa Boros? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Motor skutik telah menjelma sebagai kendaraan terlaris di Indonesia dan menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi kemacetan kota.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  12:32 WIB
Suzuki  Address. Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir.  - Suzuki
Suzuki Address. Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Motor skutik telah menjelma sebagai kendaraan terlaris di Indonesia dan menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi kemacetan kota.

Namun, salah satu kendala yang sering dikeluhkan pengendara skutik adalah konsumsi bensin terasa lebih boros dari biasanya ketika sudah beberapa lama digunakan.

Menurut laman resmi Suzuki, hal itu bisa terjadi karena motor jarang dirawat. Selain itu, borosnya skutik juga bisa disebabkan oleh gaya berkendara yang kurang tepat.

“Salah satu contohnya adalah saat pengendara berkendara di antara kemacetan melakukan sebentar gas, sebentar rem,” tulis keterangan Suzuki, yang diakses pada Senin (11/1/2021).

Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir.

Saat pengendara tanpa sadar tetap menggenggam tuas rem, maka putaran mesin pun akan tetap terjadi meski motor tidak bergerak.

Oleh karena itu, pengendara perlu memastikan untuk tidak bebarengan membuka gas dan rem karena hal tersebut menahan putaran roda belakang, sehingga menyebabkan motor skutik menjadi lebih boros.

Tidak hanya boros, gaya berkendara itu bakal membuat kampas rem bekerja ekstra. Ini membuat daya cengkramnya menjadi ikut berkurang dan kampas rem menjadi cepat habis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skutik BBM Tip Berkendara
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top