Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Motor Skutik Terasa Boros? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Motor skutik telah menjelma sebagai kendaraan terlaris di Indonesia dan menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi kemacetan kota.
Suzuki  Address. Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir. /Suzuki
Suzuki Address. Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Motor skutik telah menjelma sebagai kendaraan terlaris di Indonesia dan menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi kemacetan kota.

Namun, salah satu kendala yang sering dikeluhkan pengendara skutik adalah konsumsi bensin terasa lebih boros dari biasanya ketika sudah beberapa lama digunakan.

Menurut laman resmi Suzuki, hal itu bisa terjadi karena motor jarang dirawat. Selain itu, borosnya skutik juga bisa disebabkan oleh gaya berkendara yang kurang tepat.

“Salah satu contohnya adalah saat pengendara berkendara di antara kemacetan melakukan sebentar gas, sebentar rem,” tulis keterangan Suzuki, yang diakses pada Senin (11/1/2021).

Skutik merupakan kendaraan motor yang mesinnya langsung merespons dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir.

Saat pengendara tanpa sadar tetap menggenggam tuas rem, maka putaran mesin pun akan tetap terjadi meski motor tidak bergerak.

Oleh karena itu, pengendara perlu memastikan untuk tidak bebarengan membuka gas dan rem karena hal tersebut menahan putaran roda belakang, sehingga menyebabkan motor skutik menjadi lebih boros.

Tidak hanya boros, gaya berkendara itu bakal membuat kampas rem bekerja ekstra. Ini membuat daya cengkramnya menjadi ikut berkurang dan kampas rem menjadi cepat habis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper