Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Relaksasi Pajak Mobil, LCGC Akan Dekati Harga Awal

LCGC adalah mobil pertama yang dibebaskan dari PPnBM. Apabila pemerintah merelaksasi pajak lainnya hingga nol persen, berikut daftar rentang harga LCGC:
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  12:34 WIB
Model berpose di samping mobil Toyota New Agya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/7/2019). - BISNIS.COM/RHN
Model berpose di samping mobil Toyota New Agya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/7/2019). - BISNIS.COM/RHN

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil murah ramah lingkungan atau juga dikenal dengan istilah Low Cost Green Car (LCGC) akan menjadi lebih ramah di kantong jika relasaksi pajak diberikan oleh pemerintah. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeyujui wacana relaksasi pajak mobil baru seperti dikutip Bisnis, Rabu (30/12/2020).

Jika pemerintah memang jadi memberlakukan pajak mobil nol persen, menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), harga on the road mobil baru bisa turun sekitar 20 hingga 40 persen. Dengan demikain akan banyak model terisi di rentang harga Rp100 juta hingga Rp200 juta yang merupakan segmentasi tergemuk berdasarkan daya beli masyarakat Indonesia.

Namun wacana ini, masih terganjal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menolak usulan untuk membebaskan pajak pembelian mobil baru pada Oktober 2020 lalu.

Sementara itu Agus saat konferensi pers di Jakarta, Senin (28/12/2020) lalu mengungkapkan Kemenkeu saat ini dalam proses penghitugan.

"Ini yang kami usulkan sudah dilaporkan ke Presiden, memang Kemenkeu masih dalam proses hitung menghitung karena mereka merupakan bendahara negara yang tentu punya penilaian sendiri," kata Agus dikutip Rabu (30/12/2020).

Adapun LCGC adalah mobil pertama yang dibebaskan dari PPnBM. Apabila pemerintah merelaksasi pajak lainnya hingga nol persen, berikut daftar rentang harga  LCGC:

1. Daihatsu Ayla
Varian teratas Ayla dijual dengan rentang harga sekitar Rp102 juta hingga Rp160 juta on the road wilayah DKI Jakarta. Apabila diberikan relaksasi pajak tambahan, model ini kemungkinan akan dilego dengan kisaran mulai dari Rp80 juta-an. 

2. Toyota Agya
Kembarang Daihatsu Ayla ini kemungkinan bisa dipatok dengan kisaran harga Rp90 juta

3. Daihatsu Sigra
LCGC tiga baris penumpang ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp119 juta-an. Relaksasi pajak tambahakan akan membuat harga mobil ini mulai dari Rp95 juta. 

4. Toyota Cayla
Dengan tambahan relaksasi pajak, MVP entry level dari Toyota ini bisa dipasarkan dengan harga mulai dari Rp119 juta-an. Saat ini Toyota membanderol Cayla pada rentang harga Rp147 juta-an hingga Rp165 juta-an. 

5. Honda Brio
Varian paling bawah Honda Brio saat ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp146 juta. Dengan demikian relaksasi pajak tambahan akan membuat mobil terlaris ini kemungkinan turun menjadi kurang dari Rp120 juta. 

6. Suzuki Karimun
Mobil LCGC yang paling tidak populer ini dipatok dengan harga on the road Rp120 juta hingga Rp150 juta. Relaksasi pajak tambahan akan membuat harga LCGC pabrikan Suzuki varian paling rendah kurang dari Rp100 juta.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LCGC Honda Brio agya
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top