Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Penghargaan, Ini Keunikan Teknologi Airbag Acura

Teknologi airbag multi-ruang dari sedan sport Acura TLX 2021 mendapatkan penghargaan Best of What's New 2020 dari majalah Popular Science. Airbag penumpang depan pertama di dunia ini dirancang untuk mengurangi trauma kepala akibat benturan miring.
Kantong udara Acura. Dibandingkan dengan satu ruang tiup dari sistem airbag konvensional, kantung udara ini terdiri dari empat komponen utama. /Honda
Kantong udara Acura. Dibandingkan dengan satu ruang tiup dari sistem airbag konvensional, kantung udara ini terdiri dari empat komponen utama. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi airbag multi-ruang dari sedan sport Acura TLX 2021 mendapatkan penghargaan Best of What's New 2020 dari majalah Popular Science. Airbag penumpang depan pertama di dunia ini dirancang untuk mengurangi trauma kepala akibat benturan miring.

“Inovasi telah membantu kami melihat masa depan yang lebih aman, lebih pintar, dan lebih menyenangkan daripada yang mungkin kami bayangkan," kata Pemimpin Redaksi Popular Science Corinne Iozzio seperti dikutip dari keterangan pers Honda, Minggu (6/12/2020).

Setiap tahun, Popular Science mengulas ribuan produk dan inovasi baru, memilih 100 pemenang teratas di 10 kategori. Untuk dipilih sebagai Best of What's New, sebuah produk atau teknologi harus mewakili langkah maju di kategorinya.

Airbag Acura baru dinilai mewakili lompatan besar dalam desain kantung udara. Ini adalah kantung udara depan penumpang pertama di dunia yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah trauma otak parah, yang baru-baru ini diketahui terkait dengan tabrakan miring di bagian depan.

Airbag ini akan menjadi standar pada SUV mewah tiga baris Acura MDX terbaru, yang akan dijual awal 2021. Acura merek mobil mewah dengan model berbeda, mencakup sedan sport ILX dan TLX, kendaraan sport-utility RDX dan MDX, serta supercar NSX yang dialiri listrik generasi berikutnya.

Airbag ini dirancang untuk mengurangi cedera kepala dan leher dengan mengontrol kepala penumpang depan dengan lebih baik dalam beberapa jenis tabrakan. Kantung udara dapat mengelola gaya tabrakan lateral, yang mana dapat menyebabkan kepala penumpang berputar sangat cepat dengan kecepatan tinggi, atau meluncur dari kantung udara penumpang konvensional, meningkatkan kemungkinan cedera serius.

Dibandingkan dengan satu ruang tiup dari sistem airbag konvensional, kantung udara ini terdiri dari empat komponen utama: tiga kompartemen yang digelembungkan (ruang tengah dan dua ruang samping yang mengarah ke luar yang menciptakan alas lebar di sepanjang dasbor) dan panel layar yang tidak dilipat yang membentang di antara dua ruang samping.

Panel layar dirancang untuk menangkap dan memperlambat kecepatan kepala penumpang dengan sedikit tenaga sebelum menghubungi ruang bawah, sambil mengarahkannya ke dalam di antara dua ruang yang digelembungkan untuk menyangga dan membantu melindungi kepala penumpang kursi depan.

Simak videonya.

Dikembangkan bersama oleh Honda R&D Americas dan pemasok sistem keselamatan Autoliv, desain kantung udara baru yang inovatif ini sekarang ditawarkan kepada pembuat mobil lain untuk meningkatkan kinerja keselamatan produk masa depan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper