Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Perkenalkan Sistem Airbag Multitabrakan Pertama di Dunia

Hyundai Motor Group mengumumkan pengembangan dan komersialisasi masa depan dari sistem kantong udara multitabrakan pertama di dunia yang secara signifikan meningkatkan kinerja fitur keselamatan dalam kecelakaan multitabrakan.
Sistem airbag baru menawarkan perlindungan tambahan dalam dampak sekunder. /HYUNDAI
Sistem airbag baru menawarkan perlindungan tambahan dalam dampak sekunder. /HYUNDAI

Bisnis.com, SEOUL Hyundai Motor Group mengumumkan pengembangan dan komersialisasi masa depan dari sistem kantong udara multitabrakan pertama di dunia yang secara signifikan meningkatkan kinerja fitur keselamatan dalam kecelakaan multitabrakan.

Kecelakaan multitabrakan adalah dampak di mana dampak utama diikuti oleh tabrakan dengan benda-benda sekunder, seperti pohon, tiang listrik atau kendaraan lain, yang terjadi dalam tiga dari setiap 10 kecelakaan.

Sistem airbag saat ini tidak menawarkan perlindungan sekunder ketika dampak awal tidak cukup untuk menyebabkannya menyebar. Namun, sistem kantong udara multitabrakan memungkinkan airbag untuk digunakan secara efektif pada dampak sekunder dengan mengkalibrasi status kendaraan dan penumpang.

Teknologi baru Hyundai mendeteksi posisi penumpang di kabin setelah tabrakan awal. Ketika penghuni dipaksa ke posisi yang tidak biasa, efektivitas teknologi keselamatan yang ada dapat dikompromikan.

Sistem kantong udara multitabrakan dirancang untuk dipasang lebih cepat ketika sistem keselamatan awal mungkin tidak efektif, memberikan keamanan tambahan ketika pengemudi dan penumpang paling rentan.

Dengan mengkalibrasi ulang intensitas tumbukan yang diperlukan untuk penyebaran, sistem airbag merespons lebih cepat selama dampak sekunder, sehingga meningkatkan keselamatan penumpang kendaraan multitabrakan.

"Dengan meningkatkan kinerja airbag dalam skenario multitabrakan, kami berharap dapat secara signifikan meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang kami," kata Taesoo Chi, Kepala Pusat Teknologi Chassis di Hyundai Motor Group, dalam keterangan pers, Senin (21/1/2019).

Hyundai akan melanjutkan penelitian pada situasi kecelakaan yang lebih beragam sebagai bagian dari komitmen kami untuk memproduksi kendaraan yang lebih aman yang melindungi penumpang dan mencegah cedera.

Menurut statistik oleh National Sampling System Otomotif Sistem Data Crashworthiness (NASS-CDS), kantor Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) di AS, sekitar 30% dari 56.000 kecelakaan kendaraan pada 2000 hingga 2012 di wilayah Amerika Utara terlibat multitabrakan.

Jenis utama kecelakaan multitabrakan melibatkan mobil yang melintas di garis tengah (30,8%), diikuti oleh tabrakan yang disebabkan oleh penghentian tiba-tiba di pintu tol (13,5%), tabrakan jalur median jalan raya (8,0%), dan tumbukan samping dan tabrakan dengan pohon dan tiang listrik (4,0%).

Hyundai Motor Group menganalisis skenario multitabrakan dengan cara multilateral untuk meningkatkan kinerja dan presisi airbag dalam tabrakan sekunder.

Hyundai Motor Group akan menerapkan sistem kantong udara ini pada kendaraan baru Hyundai dan Kia di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper