Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penjualan Mobil Sepi, Toyota Luncurkan Shodoku Taishi

Di tengah pasar mobil yang melambat akibat pandemi COvid-19, Toyota Motor mengumumkan peluncuran Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih yang dapat dioperasikan dengan kaki. Alat ini akan tersedia di dealer Toyota di seluruh Jepang mulai 1 Desember 2020.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 27 November 2020  |  15:23 WIB
Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki.  - Toyota
Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pasar mobil yang melambat akibat pandemi COvid-19, Toyota Motor mengumumkan peluncuran Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki. Alat ini akan tersedia di dealer Toyota di seluruh Jepang mulai 1 Desember 2020.

Shodoku Taishi pertama kali diproduksi pada April 2020 di bawah inisiatif karyawan pabrik Toyota, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di area produksi. Pembuatannya memanfaatkan teknologi Toyota Production System (TPS).

“Toyota berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui pembuatan produk berkualitas tinggi dan murah yang memberikan ketenangan pikiran dan keamanan di seluruh dunia,” tulis keterangan resmi Toyota, dikutip pada Jumat (27/11/2020).

Shodoku Taishi, yang secara harfiah memiliki arti duta pembersih, telah digunakan di sejumlah institusi perawatan kesehatan dan beberapa dealer, serta fasilitas komersial dan kantor pemerintah di Prefektur Aichi, Jepang.

Berdasarkan saran dari pengguna, Toyota telah memodifikasi stan tersebut, sehingga sejumlah bagiannya dengan mudah dapat dibersihkan. Selain itu, untuk bisa digunakan para pengguna kursi roda, bobot alat ini telah dikurangi dari 6 kg menjadi 3,2 kg.

Memanfaatkan teknologi dan pengetahuan dalam pembuatan mobil, Toyota berhasil menghasilkan sekitar 30 versi prototipe dan telah membuat perbaikan menyeluruh untuk persiapan komersialisasi.

Tim pengembang bersikeras menciptakan produk yang mudah digunakan dan berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Produksi alat ini ditargetkan mencapai 2.000 unit hingga 2.500 unit tiap bulannya.

Tindakan tersebut merupakan bagian dari inisiatif Toyota untuk menyediakan barang dan jasa yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat dunia sesuai dengan pernyataan CEO Toyota, Akio Toyoda.

“Toyota akan dengan sungguh-sungguh berusaha untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan [SDGs], yang sedang dikejar oleh masyarakat internasional dengan tujuan tidak meninggalkan siapa pun,” ujar Toyoda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota motor corp
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top