Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Mobil Terbang, BMW i Perkenalkan Wingsuit Elektrik Pertama di Dunia

Melalui kerjasama antara BMW i dan Designworks, pelompat profesional asal Austria sekaligus penerjun payung Peter Salzmann berhasil memenuhi impian terbang dengan cara yang paling inovatif.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 November 2020  |  09:05 WIB
Banyak istilah yang digunakan untuk desain baju wingsuit, di antaranya birdman suits, flying squirrel suits, atau bat suits.  - BMW
Banyak istilah yang digunakan untuk desain baju wingsuit, di antaranya birdman suits, flying squirrel suits, atau bat suits. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA – Melalui kerja sama antara BMW i dan Designworks, pelompat profesional asal Austria sekaligus penerjun payung Peter Salzmann berhasil memenuhi impian terbang dengan cara yang paling inovatif.

Hal ini mewujud lewat wingsuit elektrik yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan waktu terbang. Uji coba wingsuit elektrik dari BMW ini telah didokumentasikan secara visual pada 6 November 2020, di pegunungan Alpen Austria.

Wingsuit elektrik tersebut terdiri atas dua baling-baling karbon yang disebut impeller. Masing-masing mampu menghasilkan daya 7,5 kW dengan kecepatan sekitar 25.000 rpm dan total output sebesar 15 kW untuk waktu lima menit.

Desain unit penggerak listrik dari pakaian ini dikembangkan secara eksklusif dari hasil kerja sama Peter Salzman dan tim kreatif Designworks. Proyek tersebut dipicu oleh Salzman yang berkeinginan membawa olahraga wingsuit flying ke level baru.

“Tujuan dari sistem penggerak listrik adalah meningkatkan kinerja wingsuit untuk mencapai penerbangan konstan, sehingga memungkinkan jarak yang lebih jauh untuk ditempuh,” tuli keterangan BMW Group dikutip dari laman resminya, Selasa (9/11/2020).

Selain jarak yang lebih jauh, penyematan penggerak listrik itu juga memungkinkan penerjun meningkatkan akselerasi di udara. Dalam uji coba perdananya, Salzmann yang lompat dari ketinggian 3.000 meter, mampu berakselerasi lebih cepat dari dua rekannya.

Setelah uji coba perdana sukses, Salzmann dan para ahli di BMW i serta Designworks akan melanjutkan proses pengembangan wingsuit bertenaga listrik pertama di dunia ini.

Wingsuit flying merupakan olahraga pengembangan dari terjun payung. Para penerjunnya menggunakan pakaian khusus, sehingga mereka bisa lebih lama di udara untuk melakukan manuver sebelum akhirnya melepas parasut

Banyak istilah yang digunakan untuk desain baju wingsuit, di antaranya birdman suits, flying squirrel suits, atau bat suits. Wingsuit modern pertama kali dikembangkan Patrick de Gayardon asal Prancis pada 1990-an dan hingga saat ini terus mengalami perkembangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMW Mobil Terbang
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top