Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hengkang dari Indonesia, Nissan Berlabuh di Thailand

Pemindahan produksi Nissan dari Indonesia ke Thailand sekaligus menunjukkan bahwa Thailand akan menjadi satu-satunya pusat produksi Nissan di Asia Tenggara.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  15:16 WIB
Logo Nissan Motors baru.  - NISSAN
Logo Nissan Motors baru. - NISSAN

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah memastikan penutupan pabriknya pada Mei 2020, Nissan Motor Co. mengumumkan bakal merekrut lebih dari 2.000 karyawan baru di Thailand.

Di bawah bendera Nissan Motor Thailand Co., dilansir dari Bloomberg, Senin (26/10/2020), perusahaan asal Jepang itu akan memusatkan produksinya di Provinsi Samut Prakan, selatan Bangkok.

Hingga akhir Maret 2020, perusahaan ini telah mempekerjakan 4.171 karyawan sehingga perekrutan baru akan menambah tenaga kerja setidaknya hingga 50 persen.

Keputusan Nissan untuk memindahkan produksinya ke Thailand ini diambil setelah perusahaan otomotif ini melakukan restrukturisasi operasi global dan memangkas beban operasional 300 miliar yen (US$2,9 miliar) menyusul anjloknya penjualan.

Pemindahan produksi Nissan dari Indonesia ke Thailand sekaligus menunjukkan bahwa Thailand akan menjadi satu-satunya pusat produksi Nissan di Asia Tenggara.

“Kami akan mengoperasikan operasional yang sistematis dan keluar dari pasar lain sehingga memungkinkan kami untuk tetap fokus,” kata Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida.

Mitsubishi Motors Corp. yang juga mitra dari Nissan memiliki rekam jejak yang kuat di pasar Asia Tenggara. Kepemilikan Nissan di Mitsubishi mencapai 34 persen, setelah Nissan membeli sahamnya pada 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand nissan motor indonesia

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top