Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gara-Gara Pandemi, Permintaan Ambulan dari Isuzu Tinggi

Pada masa pandemi Covid-19, kebutuhan kendaraan ambulans makin meningkat, termasuk untuk pelayanan mobile. Hal ini turut memberi dampak positif bagi kinerja PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  17:10 WIB
Isuzu MUX Ambulans. Seluruh model Isuzu dapat dijadikan armada kesehatan.  - Isuzu
Isuzu MUX Ambulans. Seluruh model Isuzu dapat dijadikan armada kesehatan. - Isuzu

Bisnis.com, JAKARTA – Pada masa pandemi Covid-19, kebutuhan kendaraan ambulans makin meningkat, termasuk untuk pelayanan mobile. Hal ini turut memberi dampak positif bagi kinerja PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Marketing Division Head IAMI, Attias Asril, mengatakan bahwa permintaan ambulans di tengah masa pandemi signifikan. Untuk itu, Isuzu pun menyulap model sport utility vehicle (SUV) andalannya, yakni MU-X 4x4 menjadi ambulans.

“Permintaan ambulans begitu besar. Bahkan tuntutannya harus punya ready stock untuk hari ini,” ujar Attias dalam Workshop Wartawan Industri yang digelar Astra secara virtual, Kamis (1/10/2020).

Attias menyatakan bahwa kontribusi pemesanan unit Isuzu untuk menjadi ambulans cukup besar, meski tidak memerinci jumlah tersebut. Dia menyebutkan bahwa seluruh model kendaraan Isuzu dapat dijadikan armada kesehatan.

“Tapi kembali lagi, kami juga harus berkolaborasi dengan pihak karoseri, kalau di Isuzu hampir semua model bisa jadi ambulans,” tuturnya.

Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International Tbk – Isuzu (Astra Isuzu) Samuel Pilo menuturkan pihaknya telah menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 ke pemerintah daerah Sulawesi Utara. Pesanan terbanyak datang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Isuzu menawarkan MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud. Daerah yang memiliki medan ekstrem ini memiliki 21 puskesmas.

Berdasarkan data profil kesehatan Kementerian Kesehatan, jumlah puskesmas di seluruh Indonesia sebanyak 9.993 unit pada 2018. Adapun, jumlah rumah sakit di Indonesia saat ini sebanyak 2.925 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ambulans Isuzu MU-X
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top