Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek (APM) Audi di Indonesia secara resmi memperkenalkan secara virtual the all-new Audi A6, Rabu (16/9/2020).
Audi A6 Baru. /Audi
Audi A6 Baru. /Audi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek (APM) Audi di Indonesia secara resmi memperkenalkan secara virtual the all-new Audi A6, Rabu (16/9/2020).

Audi A6 terbaru hadir dalam dua varian yang dapat dipinang konsumennya, Audi A6 2.0 TFSI dan Audi A6 3.0 TFSI quattro

Tayangan Audi A6 terbaru bisa dilihat di media sosial PT Garuda Mataram Motor, seperti Instagram @audi_indonesia, Facebook @AudiIndonesian, Twitter @Audi_INA dan YouTube @Audi Indonesia, atau di situs resmi audi.co.id.

The all-new Audi A6 akan menyuguhkan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan oleh rival di kelasnya,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT GMM.

Audi A6 terbaru mengusung keunggulan akan nilai-nilai inovatif melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain sportif tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini menawarkan kemewahan kelas bisnis.

MMI dengan sistem respons sentuhan yang sepenuhnya digital membuat pengoperasiannya sangat intuitif. Kemampuan konektivitas serta berbagai fitur bantuan pengendaraan menjadi salah satu yang terunggul di kelasnya. Suspensinya memadukan kenyamanan berkendara yang lembut dengan pengendalian hebat yang menegaskan nilai sportif.

Dua pilihan mesin yang digunakan menggunakan sistem mild hybrid sebagai opsi standar untuk menyuguhkan kenyamanan dan efisiensi berkendara.

Kecanggihan MMI

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Penggunaan MMI dengan sistem respon sentuhan pada Audi A6 terbaru menjadi standar baru dalam hal pengoperasian yang intuitif. Dengan kemampuan dipersonalisasi yang lebih luas dan pintar, mobil ini dirancang untuk mempermudah pengemudi.

Sistem yang beroperasi digital sepenuhnya ini, seluruh fungsi yang diperlukan dapat diposisikan di layar MMI sesuai dengan keinginan hanya dengan cara drag-and-drop seperti halnya biasa dilakukan di ponsel pintar.

Sebagai pusat infotainment, MMI memiliki layar tampilan yang multifungsi dengan ukuran 10,1 inci di bagian atas untuk layar hiburan dan navigasi, serta 8,6 inci di bagian bawah, pada konsol tengah untuk kendali penyejuk kabin dan berbagai fungsi pengaturan lainnya.

Fungsi MMI yang digunakan pada all new Audi A6 juga mencakup layar virtual cockpit Audi sebesar 12,3 inci sebagai panel instrumen di balik lingkar kemudi.

Teknologi Mild-hybrid

Semua varian yang ditawarkan pada Audi A6 anyar hadir dengan teknologi mild-hybrid terbaru yang dimiliki Audi. Teknologi ini menggunakan belt alternator starter (BAS) yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah.

Audi A6 terbaru dapat menjelajah tanpa mesin yang menyala pada kecepatan 55 hingga 160 km/jam. Fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 km/jam. Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu mobil di depan the all-new Audi A6 mulai bergerak.

Saat melakukan deselerasi, BAS akan mengembalikan kembali energi hingga 12 kW. Dalam kondisi pengendaraan nyata, teknologi mild-hybrid ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

Dimensi Keleluasaan

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Dimensi bodi Audi A6 terbaru menyuguhkan atmosfir yang menenangkan di dalam kabinnya, terutama dalam perjalanan panjang. Dengan ruang kabin yang lapang, banyaknya fitur yang menunjang kenyamanan serta tingkat kebisingan yang minimal, mobil ini dapat memanjakan baik pengemudi maupun penumpang layaknya berada di kabin kelas bisnis.

Audi A6 memiliki tempat duduk yang sama sekali baru, dengan keleluasaan pengaturan posisi yang bisa memberikan kenyamanan istimewa sepanjang perjalanan. Plus lapisan kulit Milano yang sekaligus menyuguhkan balutan kemewahan. Atap kaca panoramic memberikan kesan lapang di dalam kabin Audi A6 3.0 TFSI quattro.

Keleluasaan dalam kabin Audi A6 ini juga menyuguhkan ruang kaki (legroom) yang lebih besar dibandingkan generasi A6 sebelumnya, juga jika dibandingkan rival di kelasnya. Ruang kepala (headroom) dan ruang bahu (shoulder room) juga semakin luas.

Soal akomodasi, bagasi menawarkan ruang lebih luas dengan kemampuan mengangkut dua tas golf besar secara horizontal dengan kapasitas total 530 liter. Kemudahan dalam proses buka-tutup penutup bagasi disuguhkan secara elektris cukup dengan gerakan menendang di dekat bumper belakang.

Kenyamanan Audi A6 terbaru diperkuat dengan kesenyapan dalam kabin. Struktur bodinya menjadi salah satu faktor penentu hal ini. Dibuat dengan perpaduan konstruksi baja dan aluminium, struktur bodinya benar-benar rigid yang menjadi basis kekuatan torsional yang tinggi, mampu meminimalkan pergerakan badan mobil, sekaligus menyuguhkan pengendalian yang sportif dan presisi.

Bahkan, berkat hambatan angin yang minim dengan nilai cd 0,24, mobil ini juga menyuguhkan pergerakan yang halus dan minim suara angin. Apalagi dengan teknologi aerocoustics, penggunaan kaca mobil akustik menjadikan kabin di dalamnya juga hening.

Suspensi dan Kelincahan

Mudah bermanuver di tengah kota, sportif di jalanan luar kota serta tenang dan nyaman di jalan bebas hambatan, The all-new A6 menawarkan kedinamisan pengendaraan yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Kemudi progresif yang sejak sebelumnya telah berkarakter sportif kini semakin responsif berkat peningkatan sudut kemudi serta peredam baru yang memberikan feedback lebih baik bagi siapa pun di balik setir.

Audi A6 terbaru menggunakan suspensi five-link di depan dan di belakang yang menggunakan bahan aluminium. Kedua sub-frame ini – rigid di bagian depan dan dengan dudukan hidrolik di bagian belakang – menghubungkan roda dengan bodi.

Jarak pijak depan memiliki lebar 1.630 mm dan belakang 1.617 mm. Pengemudi juga dapat memilih mode pengendaraan lebih dinamis melalui Audi Drive Select yang akan mengatur semua setting suspensi dengan pilihan Comfort, Auto, dan Dynamic.

Di bagian roda, Audi A6 2.0 TFSI mendapatkan pelek alloy berukuran 8Jx18 inci bergaya multi-spoke dengan balutan ban 225/55 R18. Sementara Audi A6 3.0 TFSI quattro mendapatkan pelek alloy 8,5J x 20 inci dengan model 5-spoke V-style berlapis warna Contrast Gray dengan balutan ban berukuran 255/40 R20.

Mesin dan Transmisi

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Seperti yang sudah disebutkan sejak awal, di Tanah Air, Audi A6 menawarkan dua pilihan mesin. Pertama, mesin V6 3.0 liter TFSI berbahan bakar bensin pada Audi A6 3.0 TFSI quattro yang mampu menyuguhkan tenaga puncak hingga 340 HP dan torsi maksimal 500 Nm. Seluruh daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda quattro khas Audi melalu transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Mesin ini mampu mendorong Audi A6 3.0 TFSI untuk berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,1 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 km/jam. Dalam hal efisiensi, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sebesar 7,1 – 6,7 liter/100km. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 161 – 151 g/km.

Kedua, untuk Audi A6 2.0 TFSI, sistem penggerak yang digunakan adalah mesin 4-silinder segaris 2,0 liter berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan tenaga puncak 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic. A6 bermesin 2.0 liter ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik.

Desain Eksterior

Seperti halnya model A8 dan A7 Sportback, A6 menjadi salah satu duta tampilan bahasa desain terbaru Audi. Dengan sosok yang kuat, sudut-sudut tajam dan garis yang tegas, sedan pebisnis ini secara jelas menunjukkan karakternya : sportif elegan, berteknologi tinggi, dan canggih.

Dimensi eksteriornya memiliki proporsi yang seimbang - kap mesin yang panjang, jarak sumbu roda yang juga panjang dengan overhang pendek. Dimensi A6 adalah panjang 4.929 mm, yang berarti 7 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya. Lebarnya bertambah 12 mm menjadi 1.886 mm dan tingginya 1.457 mm, atau bertambah 2 mm dibanding sebelumnya.

Grille Singleframe yang lebar dan rendah, lampu utama yang rata serta lubang udara yang tampak kekar mempertegas tampilannya yang sportif.

Di bagian sisinya, terdapat tiga garis tegas yang secara visual menampilkan mobil yang tampak rendah. Kontur yang kuat di atas lengkungan roda seakan memperkokoh gen quattro yang ada di balik badannya. Garis atap yang tegas dan menurun di pilar-C memperkuat siluetnya. Kurva di bagian belakang mobil juga turut mengoptimalkan aerodinamika. Aksen chrome tiga dimensi tampak menghubungkan kedua lampu belakang.

Garuda Mataram Motors memasarkan Audi A6 baru dengan enam pilihan warna eksterior, yaitu Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue.

Desain Lampu

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Desain lampu Audi A6 baru sekaligus mempertegas karakter canggih yang dimilikinya. Audi menyuguhkan lampu utama LED, dengan lima garis horizontal termasuk lampu daytime running light (DRL) sebagai ciri khas yang memperkuat lebar bagian depan. Di bagian depan juga terdapat headlamp washer untuk memastikan pencahayaan ke depan selalu dalam kondisi prima.

Lampu belakang juga menggunakan lampu kombinasi LED dengan desain yang agresif dan menegaskan kesan modern, apalagi dengan adanya lampu sein dengan dynamic indicator.

Di bagian kabin terdapat dua pilihan paket pencahayaan yaitu ambient lighting package dan contour ambient lighting package. Keduanya secara lembut menganimasikan ruang, volume, dan material yang ada di dalam kabin. Lampu ambient membuat dashboard dan konsol tengah tampak seperti mengambang. Sementara lampu kontur secara tegas mereproduksi garis-garis arsitektur interior yang dapat diatur hingga 30 warna berbeda.

Interior Futuristik

Interior Audi A6 baru menampilkan desain panel hitam - tampilan keren yang mengekspresikan kompetensi teknis dan karakter digital dari sedan ini. Desainnya seakan menciptakan suasana lounge yang santai. Panel instrumennya tampil ramping dan garis horizontal yang memanjang menciptakan kesan kabin yang lapang.

Konsol tengah Audi A6 terbaru memiliki sudut yang condong ke arah pengemudi, termasuk kedua layar MMI-nya. Dengan tampilan panel hitam, layar ini seakan hampir menghilang ketika dimatikan. Layar akan aktif saat pintu dibuka. Tampilan grafis antarmukanya juga dirancang agar tampil serasi dengan desain interior keseluruhan.

Terdapat dua pilihan warna di interior A6 terbaru ini, yang pertama adalah Black dan Okapi Brown. Panduan warna yang ditawarkan berpadu istimewa dengan penggunaan material terbaik, termasuk lapisan kulit berkualitas dan aksen kayu yang mewah.

Banderol Harga

All-New Audi A6 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Garuda Mataram Motor menjual mobil ini dengan harga Rp1,95 miliar on the road DKI Jakarta untuk model the all-new Audi A6 3.0 TFSI quattro, dan Rp1,49 miliar on the road DKI Jakarta untuk the all-new Audi A6 2.0 TFSI.

Setiap konsumen A6, layaknya pembeli produk lainnya akan mendapatkan layanan purnajual berupa garansi pabrik selama 3 tahun atau 90.000 km dan bebas perawatan selama 3 tahun atau 100.000 km (syarat dan ketentuan berlaku) dimulai dari tanggal pengiriman mobil, termasuk penggantian gratis suku cadang yang rusak dan biaya perbaikan.

The all-new Audi A6 dapat diperoleh melalui penjualan daring via dealer resmi Audi Indonesia di Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper