Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daihatsu Paparkan Teknologi DNGA, Apa Saja Keunggulannya?

Daihatsu ingin selalu berinovasi dalam menampilkan mobil baru.
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DAIHATSU
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DAIHATSU

Bisnis.com, JAKARTA – Daihatsu berbagi informasi seputar konsep inovasi produknya yang telah menerapkan platform terbaru berbasis Daihatsu New Global Architecture atau DNGA.

Platform terbaru yang telah dikembangkan sejak tahun 2017 oleh Daihatsu di Jepang ini telah diimplementasikan ke beberapa model mobil Daihatsu yang ada di Jepang.

Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menuturkan bahwa Daihatsu ingin selalu berinovasi dalam menampilkan mobil baru keluaran Jepang yang menggunakan platform terbaru berbasis DNGA.

“Sehingga masyarakat dapat mengetahui keunggulan dan kecanggihan teknologi mobil Daihatsu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

Daihatsu memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Artinya, pengembangan produk berbasis DNGA memperhitungkan aspek detail meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu.

Secara teknis, platform DNGA memiliki keunggulan, seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi canggih, dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.

Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya. Hingga saat ini, Daihatsu di Jepang telah merilis tiga model baru yang menerapkan platform ini, yaitu New Tanto, Rocky, dan New TAFT.

New Tanto merupakan kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA dan telah diluncurkan pada Juli 2019 di Jepang.

Mobil mungil dengan mesin berkapasitas 660cc ini, memiliki Turbocharged, sehingga performa mesin yang dihasilkannya setara dengan mesin berkapasitas 1.000cc.

New Tanto terasa lebih solid dan stabil dalam bermanuver di jalan perkotaan atau jalan sempit karena telah dilengkapi teknologi Smart Assist generasi terbaru, yang dapat mendeteksi, mencegah, dan meminimalisir resiko benturan pada kendaraan atau pejalan kaki.

Rocky, mobil compact SUV ini diluncurkan di Jepang pada November 2019. Tidak lama sejak peluncurannya, mobil ini langsung mendapat penghargaan rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program).

Sementara itu, TAFT dengan akronim “Tough & Almighty Fun Tool”, menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform ini dan telah diluncurkan pada Juni 2020.

TAFT didesain sebagai mobil mini crossover tangguh dengan gaya baru untuk pengguna yang aktif berkendara sehari-hari.

TAFT mengadopsi atap kaca (glass roof), sehingga memberikan kesan visibilitas penumpang lebih luas agar dapat menikmati pemandangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper