Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengguna Skuter Listrik Wajib Berumur Minimal 12 Tahun

Kendaraan listrik mulai populer di Indonesia, terutama skuter, haveboar, sepeda roda satu, hingga otoped. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan kendaraan ini.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 01 September 2020  |  06:40 WIB
Skuter listrik Hyundai.  - Hyundai
Skuter listrik Hyundai. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Kendaraan listrik mulai populer di Indonesia, terutama skuter, haveboar, sepeda roda satu, hingga otoped. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan kendaraan ini.

Seperti dikutip dari Permenhub Nomor 45 tahun 2020, pemerintah mensyaratkan pengguna skuter listrik dan jenis kendaraan listrik tertentu minimal 12 tahun.

"Usia pengguna paling rendah 12 (dua belas) tahun."

Selain itu, "Dalam hal pengguna kendaraan tertentu berusia 12 (dua belas) tahun sampai dengan 15 (lima belas) tahun, pengguna kendaraan tertentu harus didampingi oleh orang dewasa."

Pembatasan usia minimal ini dan pendampingan orang orang tua adalah bagian dari upaya menjamin keselamatan penggunaan kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik, seperti skuter.

Skuter listrik adalah kendaraan tertentu dengan ukuran roda yang kecil dengan peralatan mekanik berupa motor listrik beroda 2 (dua) atau lebih dengan tempat duduk dan papan alas kaki (footboard) dan/atau pedal yang digerakan dengan kaki dan/atau peralatan mekanik berupa mesin penggerak motor listrik untuk menjalankannya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pemanfaatan sejumlah layanan agar angkutan umum perkotaan dapat kembali bergeliat pasca pandemi. Salah satunya pemanfaatan skuter listrik sebagai layanan first mile dan last mile angkutan massal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sim skuter listrik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top