Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Mobil Indonesia ke Vietnam Naik 100 Persen, Segini Nilainya

Thailand dan Indonesia menjadi eksportir utama mobil ke Vietnam, menyumbang 76 persen dari total impor selama Juli 2020.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  15:10 WIB
Gelombang pertama pengiriman Xpander baru saja tiba di Bauan International Port, Inc. yang terletak di Batangas, Filipina. - Mitsubishi
Gelombang pertama pengiriman Xpander baru saja tiba di Bauan International Port, Inc. yang terletak di Batangas, Filipina. - Mitsubishi

Bisnis.com, HANOI — Impor mobil meningkat secara signifikan pada Juli meskipun dampak yang ditimbulkan oleh gelombang kedua Covid-19 di Vietnam.

Sebuah laporan dari Departemen Umum Bea Cukai seperti dikutip dari laman en.vietnamplus.vn menunjukkan bahwa Vietnam mengimpor 4.760 mobil dari berbagai jenis senilai US$107,7 juta pada Juli, menandai peningkatan volume sebesar 34 persen dalam nilai sebanyak 10 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Thailand dan Indonesia adalah dua negara yang memasok mobil impor utama Vietnam, menyumbang 76 persen dari total impor mobil Vietnam pada tersebut.

Mobil yang diimpor dari Indonesia memiliki harga terendah di pasaran masing-masing sekitar 250 juta VND (US$10.713), sedangkan mobil yang diimpor dari Thailand masing-masing dihargai setidaknya 377 juta VND.

Thailand terus menduduki puncak daftar dengan lebih dari 2.300 mobil yang diekspor ke Vietnam, naik 33,3 persen bulan ke bulan, mencapai nilai US$38 juta, diikuti Indonesia dengan 1.300 mobil, meningkat 664 kendaraan (100,04 persen) dibandingkan dengan Juni dengan nilai lebih dari US$14 juta.

Pasar impor lainnya termasuk China dengan 719 kendaraan senilai US$27,2 juta, Korea Selatan dengan 121 unit senilai US$8,66 juta, dan Jepang dengan 80 mobil senilai hampir US$3,4 juta.

Pada Juli, Vietnam mengimpor suku cadang mobil untuk produksi rakitan lokal dan suku cadang senilai US$346,8 juta, menandai peningkatan tajam dari US$279 juta pada Juni. Pasar impor utama adalah Korsel, China, dan Thailand.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vietnam Ekspor Mobil
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top