Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisnis Mobil Bekas Diprediksi Menggelinding Akhir Tahun Ini

Proyeksi itu sejalan dengan riset OLX yang tertuang dalam buku putih bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  17:04 WIB
Pengunjung melintas di samping deretan bursa mobil bekas di Jakarta, Minggu (4/2). Tren penjualan mobil bekas di 2018 diprediksi meningkat disebabkan naiknya ragam produksi mobil baru terutama segemen Low Cost Green Car (LCGC).  - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan
Pengunjung melintas di samping deretan bursa mobil bekas di Jakarta, Minggu (4/2). Tren penjualan mobil bekas di 2018 diprediksi meningkat disebabkan naiknya ragam produksi mobil baru terutama segemen Low Cost Green Car (LCGC). - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Aktivitas ekonomi yang mulai pulih bertahap pada fase adaptasi kebiasaan baru atau new normal turut dirasakan oleh sektor pasar mobil bekas, yang diyakini menggeliat pada tiga bulan ke depan.

Seperti dilansir dari data OLX Indonesia, rata-rata jumlah pencari mobil di platform OLX sempat menurun seiring dengan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada April 2020. Namun, seiring dengan pemberlakuan new normal pada Juni 2020, total pencarian mobil bekas di platform OLX Indonesia berangsur normal menuju kisaran 80 persen.

Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman mengatakan bahwa pasar mobil bekas akan membaik dalam tiga bulan ke depan.

Proyeksi itu sejalan dengan riset OLX yang tertuang dalam buku putih bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal.

“Sebagian besar permintaan penjualan mobil sebenarnya tidak hilang, tetapi tertunda. Apalagi preferensi konsumen cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan transportasi umum,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, pemilihan dalam menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum bertujuan mempermudah kebersihan dan kesehatan diri. Pelanggan juga cenderung memilih mobil bekas lantaran realokasi dana untuk kepentingan lain.

Data Otobarometer OLX Indonesia juga menunjukkan bahwa total pencari mobil bekas pada Juni 2020 naik sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan April.

Sementara itu, dari sisi penawaran atau listing mobil bekas di OLX.co.id pada Juni juga mengalami peningkatan sekitar 35 persen dibandingkan dengan Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil bekas pandemi corona
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top