Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kia Motors Dirikan Purple M Percepat Layanan Mobilitas EV

Kia Motors Corporation menggandeng Code42.ai mendirikan Purple M, layanan mobilitas baru yang dirancang untuk menawarkan layanan mobilitas EV.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  17:50 WIB
Ho Sung Song, CEO dan Presiden Kia; dan Chang Song, pendiri dan CEO Code42.ai.  - KIA Motors
Ho Sung Song, CEO dan Presiden Kia; dan Chang Song, pendiri dan CEO Code42.ai. - KIA Motors

Bisnis.com, JAKARTA - Kia Motors Corporation mendirikan Purple M, layanan mobilitas baru yang dirancang untuk menawarkan layanan mobilitas EV.

Purple M adalah perusahaan patungan baru yang dibuat dalam kemitraan antara Kia Motors dan Code42.ai, perusahaan teknologi Korea yang merintis transisi ke transportation-as-a-service (TaaS) otonom. Melalui perusahaan baru ini, Kia dan Code42.ai akan membuat konsep baru layanan mobilitas dan mewujudkan tujuan bersama untuk memimpin inovasi dalam mobilitas masa depan.

Kombinasi dari jejak global Kia dan keahlian mobilitas dengan teknologi Code42.ai diharapkan menciptakan berbagai sinergi untuk mengembangkan layanan TaaS baru bagi pelanggan.

Purple M akan menggunakan Urban Mobility Operating System (UMOS) milik Code42.ai, platform mobilitas komprehensif yang mengintegrasikan layanan kendaraan otonom dan transportasi udara termasuk e-hailing, manajemen armada, antar-jemput yang responsif terhadap permintaan, dan logistik cerdas.

"Dengan Purple M yang baru didirikan, Kia akan dilahirkan kembali sebagai pemimpin untuk era e-mobilitas," kata Ho Sung Song, CEO dan Presiden Kia, Senin (20/7/2020). "Code42.ai adalah perusahaan Korea terkemuka di bidang teknologi inovasi masa depan, dan merupakan mitra terbaik untuk berhasil mempromosikan bisnis layanan e-mobilitas yang berbeda."

Terlepas dari meningkatnya minat konsumen terhadap EV, layanan mobilitas masih digerakkan terutama oleh kendaraan mesin pembakaran internal, menciptakan peluang untuk mobilitas EV.

Purple M bertujuan untuk membangun platform layanan e-mobilitas komprehensif dan fleksibel, dan memimpin pengembangan ekosistem EV berkelanjutan dengan menggunakan EV.

Purple M akan membangun kemitraan kolaboratif dengan penyedia spesialis untuk mengembangkan infrastruktur e-mobilitas fleksibel dan menawarkan berbagai layanan kepada basis pelanggan yang luas.

Secara khusus, Purple M akan berkontribusi pada revitalisasi industri mobilitas domestik Korea dengan bekerja sama dengan berbagai pemain pasar mobilitas, sambil menghadirkan standar baru untuk model bisnis mobilitas di era pasca-coronavirus.

Melalui investasi di Purple M, Kia dan Code42.ai akan memperkuat kemitraan, dengan masing-masing pihak menunjuk direktur ke dewan. Chang Song, pendiri dan CEO Code42.ai, akan menjabat sebagai ketua.

Seo Young-wu, mantan CEO Poolus--perusahaan layanan carpooling, ditunjuk sebagai CEO Purple M. Seo yang dianggap sebagai orang yang tepat untuk berhasil memimpin perusahaan berdasarkan pengalamannya yang tak ternilai dalam mengoperasikan bisnis layanan mobilitas.

"Tujuan kami adalah mempercepat era kendaraan listrik melalui Purple M," kata Chang Song. "Platform mobilitas dan logistik terintegrasi UMOS akan menjadi pusat untuk membangun ekosistem e-mobilitas yang mencakup segalanya mulai dari infrastruktur hingga layanan."

‘M’ dalam ‘Mobilitas’

M adalah singkatan dari mobilitas, adapun warna ungu dalam nama awal melambangkan keinginannya untuk menantang konvensi dan menata kembali transportasi untuk masa depan. Untuk menanggapi secara fleksibel industri layanan mobilitas yang cepat direorganisasi, Purple M akan mendapat manfaat dari budaya perintis.

Start-up baru ini diharapkan dapat memberikan model untuk kolaborasi antara perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan dan perusahaan-perusahaan kecil di Korea, saat negara ini berupaya membangun ekosistem start-up baru untuk mendorong inovasi teknologi.

Awal tahun ini, Kia mengumumkan Plan S, strategi jangka menengah hingga jangka panjang yang bertujuan untuk secara progresif membangun posisi kepemimpinan di industri otomotif masa depan, yang mencakup layanan mobilitas dan elektrifikasi, konektivitas, dan otonomi kendaraan.

Plan S menguraikan shift preemptive dan giat dari sistem bisnis yang berfokus pada mesin pembakaran internal menuju yang berpusat pada kendaraan listrik dan solusi mobilitas khusus. Di bawah Plan S, Kia akan berinovasi mereknya dan meningkatkan keuntungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobilitas Kendaraan Kia Motors Corporation
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top