Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penerapan Euro 4 Mundur, Isuzu Tunda Peluncuran Dua Model

PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyatakan sedang menentukan jadwal ulang peluncuran pikap Isuzu Traga dan sport utility vehicle Isuzu MU-X, yang terpaksa ditunda karena mundurnya implementasi standar emisi Euro 4.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 27 Juni 2020  |  23:21 WIB
Isuzu - ilustrasi
Isuzu - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyatakan sedang menentukan jadwal ulang peluncuran pikap Isuzu Traga dan sport utility vehicle Isuzu MU-X, yang terpaksa ditunda karena mundurnya implementasi standar emisi Euro 4.

General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan bahwa perusahaan sedang menyiapkan sejumlah varian baru untuk model Traga. Adapun detail pengerjaan model baru itu masih dalam tahap studi.

“Kemungkinan kami akan siapkan beberapa varian baru untuk Isuzu Traga, tetapi masih dalam pembuatan dan studi oleh teman-teman di divisi product development. Jadi tunggu saja tanggal mainnya,” ujarnya dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif, Jumat (26/6/2020).

Dia menambahkan bahwa salah satu varian baru dari Traga telah ditampilkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (Giicomvec) pada Maret 2020. Menurutnya, Traga yang dipamerkan itu kini sedang disempurnakan oleh IAMI.

Sementara itu, peluncuran SUV MU-X terbaru terpaksa mundur karena penerapan wajib standar emisi Euro 4, yang direncanakan berlaku pada April 2021 ditunda hingga April 2022.

“Implementasi Euro 4 yang ditunda setahun juga berdampak pada kami., karena varian baru sudah ikut regulasi Euro 4. Jadi, peluncuran produk baru sudah pasti kami tunda,” tutur Attias.

Jongkie D. Sugiarto,  Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengonfirmasi bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menerbitkan surat penundaan.

Kendati tidak memerinci isi surat penundaan tersebut, Jongkie menjelaskan bahwa mundurnya penerapan standar Euro 4 untuk kendaraan diesel disebabkan oleh penyebaran virus corona atau Covid-19, yang menghambat laju uji coba dari perusahaan otomotif.

"Karena adanya Covid-19, maka persiapan-persiapan dari pihak prinsipal ataupun agen pemegang merek [APM] mengalami sejumlah hambatan, sehingga jadwal uji coba menjadi mundur semua," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

isuzu
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top