Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Xpander Sabet Penghargaan Inovasi Mobil MPV Terbaik

Mitsubishi Xpander meraih penghargaan untuk merek terbaik kategori "Inovasi Mobil MPV" (multi purpose vehicle) berdasarkan hasil riset Solo Best Brand and Innovation 2020 yang diselenggarakan oleh Harian Solopos.
Mitsubishi Xpander di IIMS 2019. /BISNIS.COM-
Mitsubishi Xpander di IIMS 2019. /BISNIS.COM-

Bisnis.com, JAKARTA – Mitsubishi Xpander meraih penghargaan untuk merek terbaik kategori “Inovasi Mobil MPV” (multi purpose vehicle) berdasarkan hasil riset Solo Best Brand and Innovation 2020 yang diselenggarakan oleh Harian Solopos.

Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), mengatakan Xpander lahir dari hasil riset mendalam yang dilakukan Mitsubishi Motors terhadap harapan dan keinginan masyarakat Indonesia terhadap model small-MPV ideal.

“Kami mendedikasikan penghargaan ini dan seluruh layanan kepada seluruh pelanggan setia yang telah memberikan kepercayaan dan menggunakan kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Selain Mitsubishi Xpander, model kendaraan niaga ringan Mitsubishi L300 juga dinobatkan sebagai “Merek Terbaik” dalam kategori Mobil Niaga. Saat ini, populasi Mitsubishi  Xpander mencapai lebih dari 160.000 unit dan L300 mencatatkan 610.000 unit.

Raihan tersebut juga menambah daftar panjang penghargaan bagi Xpander, yang memulai debutnya di Indonesia pada GIIAS 2017. Xpander sebelumnya menerima berbagai penghargaan bergengsi dari beragam media dan institusi nasional termasuk “Car of the Year” dari Otomotif Award dan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Riset Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2020 dilakukan terhadap produk barang, jasa, perusahaan maupun individu di Solo, yang bertujuan memetakan dan memantau perilaku pasar dalam perspektif konsumen.

SBBI melakukan riset untuk tiga kategori, yaitu Merek Terbaik, Merek Bergengsi dan Inovasi Merek. Total, ada 74 produk yang disurvei dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan melibatkan 14.103 responden.

Variabel penilaian untuk kategori “Inovasi Merek” memperhitungkan ketertarikan dan minat konsumen untuk pembelian produk baru, kompleksitas, respons konsumen terhadap perubahan kualitas, keunggulan relatif produk, serta rasa senang konsumen menggunakan merek tertentu.

Sementara pada kategori “Merek Terbaik” variabel yang diukur adalah brand awareness, pangsa pasar, produk yang sering digunakan, merek yang paling diinginkan di masa depan, kepuasan, loyalitas terhadap merek serta persepsi kualitas.

Adapun atribut penting yang ditemukan pada survei Merek Terbaik Mobil Niaga adalah mesin kuat dan bertenaga, hemat BBM, kapasitas bak belakang luas, perawatan mesin mudah, serta harga beli produk terjangkau.

Direktur Pemasaran Solopos Group Suarmin menuturkan bahwa Solopos konsisten menggelar riset merek terbaik di Solo dan sekitarnya, yang pada tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-20.

“Penentu kompetisi survei merek adalah konsumen. Merek yang menang layak berbangga karena mereka adalah nomor satu di benak konsumen Soloraya. Survei ini kami lakukan secara objektif dan professional,” ujar Suarmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper