Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mercedes-Benz Perkenalkan CL 55 AMG F1 Edisi Terbatas

Mercedes-Benz memperkenalkan CL 55 AMG F1 Edisi Terbatas pada akhir Mei 2020. Ini adalah mobil yang mengusung konsep teknologi balap untuk jalan umum.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  03:19 WIB
Model F1 Limited Edition terinspirasi Mercedes-Benz CL 55 AMG (C 215) yang menjadi kendaraan resmi F1 Safety Car. Foto diambil di arena Canadian Grand Prix, 10 Juni 2001.  - MERCEDES/BENZ
Model F1 Limited Edition terinspirasi Mercedes-Benz CL 55 AMG (C 215) yang menjadi kendaraan resmi F1 Safety Car. Foto diambil di arena Canadian Grand Prix, 10 Juni 2001. - MERCEDES/BENZ

Bisnis.com, JAKARTA - Mercedes-Benz memperkenalkan CL 55 AMG F1 Edisi Terbatas pada akhir Mei 2020. Ini adalah mobil yang mengusung konsep teknologi balap untuk jalan umum.

Mobil ini adalah salah satu mobil mewah dalam seri model C 215 yang dibangun dari 1999 hingga 2006. Spesifikasi teknis dan desain mobil super-sports yang inovatif ini didasarkan pada Safety Car pada masa itu, yang dikendarai oleh Bernd Mayländer.

Mercedes-Benz CL 55 AMG F1 Edisi Terbatas dijadwalkan hadir di musim Formula Satu (F1) 2020. Mobil ini tentu bukan kendaraan biasa. Ia memiliki mesin 5.5 liter AMG V8 performa tinggi.

Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 265 kW (360 hp) pada 5.500 rpm dan torsi 530 newton meter pada 3.150 - 4.500 rpm. Kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 250 km / jam.

Ada lagi fitur luar biasa. Mobil ini adalah mobil jalanan legal pertama dunia yang mengalami perlambatan dengan sistem rem keramik. Dalam hal pengereman penuh dari kecepatan tertinggi, tenaganya mencapai 1.471 kW (2.000 hp).

Kinerja pengereman yang luar biasa ini adalah hasil dari kombinasi cakram rem berventilasi internal yang terbuat dari keramik yang diperkuat serat dan kaliper rem delapan piston yang dikembangkan oleh pemasok, Brembo.

Teknologi ini benar-benar baru untuk mobil produksi pada saat itu. Keuntungannya termasuk respons yang sangat sensitif terhadap aksi pengereman, ketahanan termal yang sangat tinggi, dan penurunan berat cakram rem, yang 60 persen lebih ringan daripada cakram baja konvensional.

Pengurangan nyata dalam massa yang tidak tersangkut memungkinkan pengemudi model khusus ini mengalami dinamika kendaraan dan kenikmatan berkendara yang lebih besar.

Cakram berteknologi tinggi

Mika Häkkinen, Pebalap McLaren Mercedes Juara Dunia Formula Satu pada 1998 dan 1999, mengatakan bagian terpenting dari sebuah mobil sport bukanlah mesin, tetapi rem.

Cakram rem untuk coupé ini dibuat oleh pabrik Mercedes-Benz di Esslingen-Mettingen. Pembuatannya adalah proses berteknologi tinggi: serat karbon, bubuk karbon dan resin ditekan ke dalam bentuk di bawah tekanan tinggi yang dipanggang pada 1.000 derajat Celcius. Setelah pendinginan, cakram rem dikenakan pengerjaan singkat sebelum dirawat dengan silikon cair. Matriks karbon menyerap silikon seperti spons dan bereaksi untuk menghasilkan keramik.

Level trim eksklusif CL 55 AMG F1 Limited Edition memberikan penekanan yang terlihat untuk karakter bawaannya. Secara eksternal, mobil ini menampilkan gaya AMG yang mengesankan.

Pelek alloy ringan AMG 19 inci, 8,5 inci di depan dan 9,5 inci di belakang, dengan ban depan 255/40 ZR 19 dan ban belakang 285/35 ZR 19 jelas menunjukkan aspirasi olahraga mobil. Berkurangnya offset roda pada roda AMG menghasilkan lebar lintasan yang dioptimalkan, yang dikombinasikan dengan sayap belakang yang lebih lebar, memberi CL 55 AMG penampilan yang sangat gagah.

Konfigurasi suspensi ABC (Active Body Control) sportif berkontribusi pada pengalaman berkendara yang sangat dinamis. Sistem pengereman anti-penguncian, Brake Assist dan Electronic Stability Program ESP juga disesuaikan dengan hati-hati dengan sistem rem yang baru.

Coupé eksklusif, hanya tersedia dalam warna perak metalik, berbeda dari rekan produksi standarnya dalam beberapa detail peralatan lain yang menekankan kedekatan genetiknya dengan Mobil Keamanan Formula Satu yang saat itu digunakan. Ini termasuk tulisan "Edisi Terbatas F1" di sayap depan, pada kusen pintu yang menyala dan di konsol tengah, di mana penomoran berurutannya juga ditampilkan.

Kursi depan dengan nuansa sporty dan stabilitas sisi yang dioptimalkan, pelapis kulit hitam-dan-perak dengan logo AMG bersulam, setir sport AMG dengan penutup kulit berlubang, elemen trim serat karbon, tuas pemilih otomatis yang menampilkan kombinasi kulit dan serat karbon dan alas lantai dengan logo AMG melanjutkan filosofi motorsport di interior.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Baru Mercedes-Benz CLS-Class Mercedes-Benz CL 55 AMG F1
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top